Menu Close

Terima Kunjungan Sespim Lemdiklat Polri, LAN Dorong Pengembangan Kompetensi SDM Polri

Jakarta – Presiden Republik Indonesia, Ir. H. Joko Widodo dalam berbagai kesempatan menyatakan bahwa Indonesia harus bisa menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan berkompetensi tinggi. Untuk itu diperlukan kolaborasi yang kuat antar lembaga pelatihan, sehingga cita-cita tersebut dapat tercapai. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Adi Suryanto, M.Si saat menerima kunjungan virtual Sekolah Staf dan Pimpinan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Sespim Lemdik) Polri melalui teleconference, Rabu (15/7).

Dalam sambutannya Adi Suryanto juga menjelaskan 3 fungsi utama yang dimiliki LAN dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara yaitu sebagai lembaga yang melakukan penelitian dan pengkajian administrasi, kajian manajemen ASN dan inovasi serta pengembangan kompetensi ASN.

“Dalam memasuki era destruktif, kita dihadapkan pada VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity), oleh karena itu sebuah organisasi harus cepat dalam merespon tantangan dan kebutuhan stakeholders yang terus berubah hal ini dikatakan sebagai agile bureaucracy atau birokrasi yang lincah” paparnya

Dalam upaya merespon hal tersebut, beberapa transformasi telah dilakukan LAN di berbagai sektor, antara lain penguatan kapasitas SDM aparatur dan juga penataan struktur yang berfokus pada miskin struktur kaya fungsi. Transformasi lainnya adalah penataan bisnis proses yang meliputi digitalisasi pelayanan dan penyederhanaan bisnis proses, pengembangan culture yang menjunjung integritas, profesional, inovatif serta peduli, yang terakhir desain pelayanan yang mendorong pelayanan yang lebih responsif, inovatif dan efisien.

“Selain transformasi yang sudah disebutkan dalam masa pandemi covid-19 berbagai langkah telah dilakukan agar upaya pengembangan aparatur tidak berhenti. Langkah tersebut adalah dengan melakukan metode pembelajaran e-learning dan blended learning. Metode pembelajaran ini dengan menggabungkan metode pembelajaran jarak jauh, sehingga peserta dapat terus mengikuti pelatihan tersebut. Tidak hanya itu, LAN juga sedang mengembangkan portal “asnunggul.lan.go.id” sebagai portal yang berisi materi pembelajaran yang dapat diikuti ASN dimanapun dan kapanpun” ungkap Kepala LAN.

Diharapkan dengan berbagai transformasi yang telah dilakukan LAN dapat menjadikan sarana tukar pengalaman dan sharing bagi Sespim Polri dalam upaya mengembangkan kompetensi SDM di lingkungan POLRI.

Dalam kunjungan virtual tersebut pimpinan delegasi Sespim Lemdiklat Polri, Irjen. Pol Panca Putra Simanjuntak menyampaikan maksud kedatangannya adalah untuk belajar langsung dari LAN mengenai proses pengembangan kompetensi pegawai melalui pendidikan dan pelatihan ASN. “Hal ini juga merupakan salah satu program prioritas Kapolri (Jenderal Idham Azis). Program prioritas Kapolri salah satunya dengan mewujudkan SDM yang unggul melalui pembinaan karier berbasis kompetensi,” ungkapnya.

Selain itu, Irjen Pol Panca Putra juga mengungkapkan, saat ini Sespim Lemdiklat Polri tengah membuat kajian penguatan lembaga pendidikan dan pelatihan, sehingga perlu mengetahui keseluruhan tahapan sejak persiapan penyusunan kurikulum, kompetensi, tenaga pengajar, serta sarana dan prasarana.

Scroll Up