Menu Close

Seleksi Calon Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I, Gerbang Awal Pengembangan Kompetensi Kepemimpinan Kolaboratif 

Jakarta – Sebanyak 103 pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi pemerintah mengikuti Seleksi Calon Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat I yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN) bertempat di Graha Makarti Bhakti Nagari, ASN Corporate University, Pejompongan, Selasa (30/1).

Dalam sambutannya, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed menyampaikan tujuan dari penyelenggaraan seleksi calon peserta PKN Tingkat I ini merupakan implementasi dari kebijakan pemerintah terkait dengan pegawai yang berhak menduduki sebagai pimpinan tinggi pratama dan madya ditentukan dari kompetensinya sehingga tidak ada lagi pegawai yang menduduki jabatan strategis dikarenakan kedekatan dengan pimpinan atau melalui praktik-praktik yang tidak semestinya.

“Jadi diharapkan dengan kebijakan tersebut tidak ada lagi pimpinan tinggi yang tidak memiliki kemampuan dan kompetensi menduduki jabatan-jabatan strategis di pemerintahan, karena semua didasarkan pada kompetensinya” tegasnya.

Lebih jauh, Basseng menjelaskan, dalam rangka mendapatkan calon peserta PKN Tingkat I sesuai dengan kebutuhan kompetensi merujuk pada Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 3 Tahun 2020 tentang Seleksi Calon Peserta Pelatihan Kepemimpinan ditegaskan bahwa bagi calon peserta yang memperoleh peringkat terbaik pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) dan PKN Tingkat II tidak perlu mengikuti seleksi pada jenjang pelatihan setingkat lebih tinggi. “Selain itu juga, calon peserta yang berada pada kotak sembilan dan instansinya telah menerapkan meritorasi, tidak perlu mengikuti seleksi calon peserta pelatihan ini,” ujarnya.

Dalam seleksi pelatihan calon peserta PKN Tingkat I ini LAN sebagai penyelenggara berupaya meminimalisir intervensi manusia dengan menerapkan seleksi melalui Computer Assisted Test (CAT) yang hasilnya dapat langsung dilihat oleh para calon peserta setelah ujian usai, bagi peserta yang diumumkan lolos ujian CAT ini akan dilanjutkan dengan tahapan wawancara.

 

 

Skip to content