Menu Close

Forum Diskusi Politeknik STIA LAN Bandung Untuk Menghadapi Tantangan Administrasi, Manajemen, Birokrasi, Dan Governance Masa Depan

Bandung – Politeknik STIA LAN Bandung menggelar FORUM Diskusi dengan tema “Tantangan Administrasi, Manajemen, Birokrasi, & Governance Masa Kini dan Akan Datang” bertempat di Hotel Clove Garden,  Rabu-Jumat (20-22 Desember 2023). Forum diskusi ini mengahadirkan narasumber para Guru Besar yang merupakan pakar ilmu administrasi yang berasal dari Universitas Indonesia dan IPDN.

Dalam sambutannya Direktur Politeknik STIA LAN Bandung menyampaikan forum diskusi ini bertujuan untuk meningkatkan budaya akademik dan dalam rangka menunjang kinerja organisasi  ke arah yang lebih baik serta mampu meningkatkan kemampuan untuk menghadapi administrasi dan birokrasi masa yang akan datang.

Kegiatan hari pertama dimulai dengan penyampaian oleh salah satu guru besar Universitas Indonesia yaitu Prof. Dr.Teguh Kurniawan, M.Sc. Beliau menyampaikan bahwa terdapat 4 hal yang menjadi fokus utama : Sorotan Permasalahan Etika dalam Pembuatan Kebijakan Publik; Pentingnya Etika di Era Disrupsi termasuk dalam Pembuatan Kebijakan Publik; Etika dalam Penyelenggaraan dan Pembelajaran Administrasi Publik; dan Arah Pembelajaran Etika.

Kemudian di Sesi kedua penyampaian materi oleh Prof. Dr. Amy Yayuk Sri Rahayu, M.Si. salah satu Guru Besar Universitas Indonesia. Penyampaian materi lebih ditekankan pada perkembangan paradigma administrasi publik dan pengaruhnya terhadap Road Map Riset. (20/12)

Kegiatan hari kedua dimulai dengan diskusi panel dari tiga narasumber Prof. Dr. Martani Huseini (Universitas Indonesia), Prof. H. Muchlis Hamdi, MPA, Ph.D (Institut Pemerintahan Dalam Negeri), dan Prof. Dr. Irfan Ridwan Maksum, M.Si (Universitas Indonesia). Diskusi difokuskan pada isu-isu kontemporer birokrasi dan governance, serta pembahasan desentralisasi, network dan collaborative governance : Hierarchy vs Heterarchy.

Setelah kegiatan diskusi panel selesai, agenda dilanjutkan dengan penyusunan road map riset dan pembaruan RPS. Dari kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan road map riset untuk masing-masing dosen dan adanya pembaruan dari RPS yang sudah ada sebelumnya.

Forum diskusi ini diinisiasi oleh Guru Besar Politeknik STIA LAN Bandung Prof. Dr. Endang Wirjatmi TL., M.Si. Salah satu tujuannya adalah pendalaman keilmuan di bidang administrasi dan peningkatan  penyelenggaraan kualitas Tridharma Perguruan Tinggi Politeknik STIA LAN Bandung. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh dosen di Politeknik STIA LAN Bandung dengan mengundang beberapa dosen perguruan tinggi lain dengan latar belakang keilmuan di bidang administrasi.

Skip to content