Menu Close

Mutakhirkan Koleksi Buku Perpustakaan, LAN Undang Perpusnas Lakukan Penyiangan Bahan Pustaka

Jakarta – Dalam rangka mengoptimalkan dan pemutakhiran koleksi bahan Pustaka serta memberi kemudahan pemustaka mengakses buku-buku, perpustakaan Lembaga Administrasi Negara (LAN) selenggarakan penyiangan (weeding) koleksi-koleksi bahan Pustaka, di Perpustakaan LAN, ASN Corporate University, Rabu (21/2). 

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro Hukum dan Humas, Tri Atmojo Sejati, ST., SH., MH menyampaikan penyiangan ini sebagai upaya menjaga kemutakhiran dan daya guna koleksi perpustakaan secara berkesinambungan dengan cara mengeluarkan koleksi perpustakaan yang dianggap tidak relevan lagi dan menggantinya dengan koleksi yang lebih relevan dan up to date. 

Tri Atmojo juga menambahkan, penyiangan ini perlu dilakukan perpustakaan LAN dalam rangka memperbaharui koleksi bahan Pustaka yang lebih baru dan relevan dengan pemustaka selain itu juga dapat memberikan ruang tambahan (shelf space) yang dapat diisi dengan koleksi-koleksi baru.

“Perpustakaan LAN ini memiliki ciri khas koleksi pustaka yang terkait dengan administrasi dan kepemimpinan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya koleksi proyek perubahan para peserta Pelatihan Kepemimpinan tingkat I dan II, karena LAN merupakan instansi pembina dalam penyelenggaraan Diklat kepemimpinan” ujarnya. 

Ia juga menghimbau kepada pustakawan LAN untuk lebih selektif dalam melakukan penyiangan bahan Pustaka ini, dapat dilakukan penyortiran secara seksama dan perlu dipertimbangkan secara matang dan tidak menghancurkan koleksi pustaka, koleksi Pustaka tersebut dapat dimasukkan ke dalam e-book atau diserahkan kepada perpustakaan nasional (Perpusnas).

Sementara itu, pustakawan Madya Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Dwi Dian Nusantari menyampaikan, beberapa kriteria Pustaka yang dapat dilakukan penyiangan, adanya kebutuhan akan keakuratan informasi informasi dari koleksi pustaka, adanya keterbatasan ruangan perpustakaan, serta adanya sirkulasi buku yang rendah karena tidak sesuai dengan karakter pemustaka.

Dalam kesempatan yang sama, Pustakawan Ahli Muda Perpusnas, M. Idris Marbawi, SS., M.Hum menyampaikan tahapan-tahapan proses penyiangan koleksi pustaka antara lain, pertama melakukan asistensi dalam menarik koleksi pustaka dengan didampingi pustakawan profesional, kemudian melakukan peninjauan dan memastikan penyiangan bahan pustaka sudah benar, dan dapat dilanjutkan dengan pengiriman bahan pustaka ke unit pengolahan untuk dapat menghilangkan catatan di ruang penyimpanan, dapat juga dilakukan dengan meng-ebook an bahan pustaka yang masih memiliki nilai tertentu.

Terakhir Arsiparis Ahli Madya LAN Al Zuhruf, S.Sos. M.Si. menyampaikan pada intinya penyiangan bahan pustaka ini bukan berarti menghancurkan melainkan memutakhirkannya agar pemustaka dapat memiliki keluasan dalam mengakses koleksi bahan pustaka di perpustakaan LAN. (humas)

Skip to content