Menu Close

Pelatihan Pelayanan Prima untuk PPNPN

SAMARINDA –  Hari yang penuh semangat! Semangat mitra kerja Puslatbang KDOD (PPNPN) dalam mengakhiri kegiatan Pelatihan Pelayanan Prima. Itulah suasana yang tergambar, ketika PPNPN mempresentasikan hasil selama mengikuti pelatihan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari, pemateri di isi oleh tim Fasilitator Puslatbang KDOD dan tim Hotel Aston Samarinda, Jum’at (20/1).
Pada awal acara, Kepala Puslatbang KDOD, Muhammad Aswad menyampaikan bahwa “Sebagai garda terdepan dalam memberikan pelayanan, kegiatan ini diharapkan dapat menambah dan meningkatkan pemahaman seluruh PPNPN terkait pelayanan prima kepada stakehorders, serta ada budaya pelayanan yang bisa diadopsi dari lokus studi tiru.”. Menurutnya kegiatan ini sangat penting dilakukan, penting untuk PPNPN sendiri karena jika sudah meningkat pemahamannya tentang pelayanan prima maka akan memunculkan kepercayaan dan kepuasan stakeholder, dengan begitu maka citra positif instansi akan meningkat.
Materi yang disampaikan terkait bagaimana dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menciptakan pelayanan yang optimal dan tetap menjunjung nilai intregitas. Pelatihan pelayanan prima adalah kepedulian kepada stakeholder agar stakeholder merasa tetap di prioritaskan dan diperhatikan.
Dalam hal ini pula, ditekankan bahwa komponen penting pelayanan prima dimulai dari penampilan. Penampilan menjadi penting, karena merupakan kesan pertama yang akan ditangkap oleh stakeholder. Kedua adalah sikap yang baik dari gesture tubuh maupun cara berkomunikasi atau merespon kebutuhan satkeholder. Ketiga, yang tidak kalah penting adalah kemampuan yang harus dimiliki yaitu penguasaaan untuk melakukan tugas-tugas operasionalnya, memiliki inisiatif, solutif, serta sigap dan cekatan.
Selain pemaparan materi, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan studi tiru ke Hotel Aston Samarinda untuk mengetahui praktek secara langsung dan mensinergikan dengan teori yang telah disampaikan sebelumnya. Selanjutnya, PPNPN juga membuat komitmen peningkatan pelayanan dengan ide-ide aplikatif sederhananya.
Kegiatan ini menjadi salah satu perwujudan komitmen Puslatbang KDOD untuk senantiasa memberikan Pelayanan yang baik dan memuaskan.
Scroll Up Skip to content