Menu Close

Komitmen Tingkatkan Profesionalisme Arsiparis, LAN Bentuk Forum Komunikasi Arsiparis

Jakarta – Pentingnya kesadaran arsip sebagai bagian dari aset negara perlu senantiasa ditingkatkan, hal ini guna menunjang proses administratif dan manajemen birokrasi serta pengambilan keputusan di pemerintahan. Arsip menjadi sangat penting karena berisikan milestone sebuah organisasi serta pencapaian yang telah diperoleh yang dapat menjadi bahan dalam rangka perubahan kearah yang lebih baik. Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama Lembaga administrasi Negara, Dra. Reni Suzana, MPPM, saat memberikan sambutan pada Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Forum Komunikasi Arsiparis LAN (FormasiLAN), di Gedung A, Kantor LAN Veteran, Rabu (21/12)

Dalam kesempatan tersebut, Reni mengatakan, arsiparis memiliki peranan penting dalam mengelola kearsipan yang merupakan informasi berharga, tak jarang banyak situasi berbahaya dapat segera diminimalisir dikarenakan peran arsiparis tersebut, maka melalui pembentukan FormasiLAN ini menjadi wujud keseriusan organisasi dalam pengelolaan kearsipan.

“Keseriusan ini diimplementasikan dengan pembentukan organisasi profesi kearsipan yang juga merupakan amanat dari UU 43/2009 di pasal 70 yang berbunyi arsiparis dapat membentuk organisasi profesi yang pembinaannya dilakukan oleh pemerintah dan pemerintah daerah,” jelasnya.

Lebih jauh Reni menjelaskan, organisasi profesi ini merupakan forum resmi untuk mengembangkan pengetahuan mengenai kearsipan serta meningkatkan profesionalisme di bidang kearsipan, mengabdikan pemikiran dan tenaga kepada masyarakat serta meningkatkan sikap dan perilaku profesionalisme sebagai arsiparis

Reni menyempatkan diri untuk menceritakan pengalamannya dalam membenahi pengelolaan kearsipan di LAN, tahun 2018 menjadi langkah awal LAN untuk serius melakukan pengawasan internal pengelolaan kearsipan di setiap satuan kerja, namun hal ini menimbulkan berbagai pertentangan.

“Namun berkat komitmen pimpinan tertinggi untuk mendorong seluruh satuan kerja melakukan pengelolaan kearsipan dengan baik serta perjuangan para arsiparis dalam melakukan pendampingan kepada setiap unit kerja, pengelolaan kearsipan di LAN semakin baik setiap tahunnya, bahkan berhasil memperoleh penilaian pengawasan dan pengelolaan kearsipan dengan nilai sangat baik “AA”” terangnya.

“Hal ini menjadi sebuah pengalaman berharga bagi organisasi untuk terus berkomitmen untuk meningkatkan pengelolaan kearsipan lebih baik lagi, dan melalui wadah Formasi LAN semua arsiparis dapat memberikan sharing knowledge terkait tata kelola arsip yang baik,”harapnya.

Adapun nama-nama pengurus yang dilantik dan dikukuhkan antara lain 

  1. Al Zuhruf, S.Sos., M.Si
  2. Rika Anita, SAP
  3. Galuh Nariswari, Amd
  4. Cecep Adhi Prasetya, SH
  5. Andrit Pries Anantyo, SH
  6. Ferdinant Manorsa, ST., M.MSI
  7. Samiaji, S.Sos
  8. Carmila Amir, A.Md
  9. Parsono, S.Sos., M.Si
  10. Ellis Sutriana, A.Md
  11. Dwi Agus Mardianto, S.Sos., M.Si
  12. Erni Dahlan, S.Sos
  13. Sapto Widodo, S.Sos
  14. Wiji, SAP
  15. Maemunah, SAP
  16. Reni Sugati, A.Md
  17. Sugeng, S.Sos
  18. Tanti Piani Puspita, SAB
  19. Makmuri, ST
  20. Riza Afrandi, SE
Skip to content