Menu Close

Latsar CPNS Angkatan XXVIII Resmi Dilepas, Kapuslatbang KDOD : Sudah Siapkah Anda Mewujudkan World Class Government 2024 dan Indonesia Emas 2045?

SAMARINDA – Tahun 2024 pemerintah telah memprogramkan bahwa negara kita akan menjadi pemerintahan berkelas dunia atau World Class Government. Untuk mewujudkan hal tersebut, indikator utama yang diperlukan adalah SDM yang hebat dan kompeten. ASN yang smart, tentu saja memegang peranan yang sangat penting. Belum lagi cita-cita Pemerintah Indonesia di tahun 2045 yang akan datang, saat usia negara kita telah mencapai usia 100 tahun, dimana target yang ingin dicapai adalah menjadi negara maju yang sejajar dengan dengan negara-negara adidaya lainnya. ASN yang hebat dan smart, masih menjadi indikator utama dalam mencapai cita-cita tersebut. Hal ini dijelaskan oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si dalam sambutannya pada Upacara Pelepasan Pelatihan Dasar CPNS Angkatan XXVIII Tahun 2022 di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD LAN, Sabtu (5/11).

“Pertanyaannya adalah, sudah siapkah kita? Sudah mampukah kita?” tegas Aswad. “Anda semua saat ini menghadapi tantangan sekaligus peluang untuk membuktikan kepada semua orang bahwa anda memang layak menjadi seorang PNS. Prestasi dan predikat yang anda dapatkan dari pelatihan ini sifatnya masih terbatas. Nilai yang anda dapatkan hanya dari beberapa unsur saja, seperti coach, mentor, tes akademik, penguji, dan penyelenggara. Tapi sepulangnya anda dari sini dan kembali ke tempat masing-masing, banyak unsur yang akan melakukan penilaian kepada anda. Kolega, stakeholders, mahasiswa, pimpinan, akan memberikan penilaiannya kepada anda. Makanya saya katakan bahwa ini adalah tantangan sekaligus peluang bagi anda untuk pembuktian diri bahwa anda memang layak lulus dari pelatihan ini, dan menjadi seorang PNS” jelas Aswad lagi.

Dalam laporan penyelenggaraan yang disampaikan oleh Koordinator Pelatihan dan Pengembangan Puslatbang KDOD LAN Dr. Rahmat, MA, peserta yang seluruhnya berprofesi sebagai dosen dengan jumlah total 40 orang ini berasal dari Universitas Mulawarman, Universitas Tanjung Pura, dan Universitas Palangkaraya. Dari 40 orang peserta, 39 orang lulus dan satu orang lainnya ditunda kelulusannya. Hasil akhir penilaian menunjukkan bahwa 15 orang lulus dengan kualifikasi Sangat Memuaskan, dan 24 orang lainnya lulus dengan kualifikasi Memuaskan. Adapun tiga orang peserta dengan peringkat tertinggi adalah :
• Peringkat I diraih oleh dr. Putu Yudhi Nusartha Diputra, Sp.N dari Universitas Mulawarman;
• Peringkat II diraih oleh Khairunnida Rahma, S.Pd., M.Si dari Universitas Mulawarman; dan
• Peringkat III diraih oleh Ali Sunarno, M.Pd dari Universitas Palangkaraya.

“Kami ucapkan selamat dan sukses atas kelulusan anda. Kami turut merasa bangga dengan pencapaian yang telah diraih. Sekali lagi saya ingatkan, bahwa jangan sampai menganggap bahwa setelah pelatihan ini tanggung jawab anda telah selesai. Namun justru tanggung jawab anda akan semakin besar, karena disinilah titik awal anda akan menjalani karir sebagai seorang PNS” ujar Aswad di akhir sambutannya. (ler/ler)

Skip to content