Menu Close

Puslatbang PKASN Selenggarakan Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV

Latsar merupakan titik awal untuk membangun karakter PNS sebagai pelayan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Basseng, M.Ed. pada acara pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan III Angkatan IV yang diselenggarakan oleh Pusat Pelatihan dan Pengembangan Pemetaan Kompetensi ASN LAN, Jatinangor melalui video conferece pada Senin (21/09).

“Sebagai pelayan masyarakat tentu saja kita perlu mendengarkan kebutuhan masyarakat. Dengan begitu, kita harus memberikan kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan,” jelasnya. Basseng juga menekankan bahwa profesionalisme sudah menjadi sebuah kebutuhan, dan akan sangat sulit untuk melayani pengguna layanan apabila kita tidak ahli di bidangnya dan menguasi teknis pekerjaannya.

“Selain profesional, pelayan masyarakat juga harus bebas korupsi. Kemudian PNS juga harus bebas dari intervensi politik dengan menjaga netralitas ASN. Ketiga hal ini merupakan modal dasar yang harus dimiliki ASN dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang baik.” tambahnya.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, masyarakat menuntut pelayanan publik yang cepat, murah dan pelayanan lebih baik. Maka ASN tidak ada pilihan selain melakukan percepatan pelayanan dengan dengan mengedepankan efisiensi dan memiliki kompetensi dalam bidang teknologi informasi.

Sebelumnya, Kepala Puslatbang PKASN LAN, Dr. Hari Nugraha, SE., MPM., menyampaikan laporan penyelenggaraan Latsar Angkatan IV. Dalam laporannya, Hari Nugraha menyampaikan bahwa Latsar ini akan dilaksanakan dengan metode blended learning secara virtual (online) dan klasikal dengan metode pembelajaran orang dewasa yang terdiri dari kegiatan kuliah, ceramah, tanya jawab, diskusi dan juga metode e-learning.

Skip to content