Menu Close

Tingkatkan Performa Pelayanan, LAN Lanjutkan Perampingan Birokrasi

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali melakukan pelantikan pejabat fungsional yang merupakan tahapan lanjutan untuk mengisi beberapa posisi yang belum dilantik. Nantinya, setelah ini masih ada pengangkatan-pengangkatan untuk jabatan yang belum terisi lainnya. Hal tersebut disampaikan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si dalam Upacara Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Pejabat Pengawas menjadi Pejabat Fungsional di Aula Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Jalan Veteran 10 Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

“Pengalihan jabatan struktural ke jabatan fungsional merupakan amanat dari Presiden Republik Indonesia. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat dan menciptakan birokrasi yang lincah agar kita mampu memenangkan kompetisi sehingga kita bisa mewujudkan pemerintahan berkelas dunia”, ungkap Kepala LAN.

Adi juga menyampaikan, kesempatan karir ASN terutama di LAN sangat memungkinkan adanya ‘zig-zag’ dari fungsional ke struktural maupun sebaliknya. Demikian juga pengangkatan atau pemberian tugas tambahan bagi pejabat fungsional yang mengampu sebagai koordinator maupun subkoordinator ini juga akan terus dievaluasi.

“Dengan demikian, seorang pejabat fungsional tidak hanya memikirkan core business dan kompetensi teknisnya saja namun juga harus memiliki kompetensi manajerial. Untuk itu, maka sebenarnya tidak jauh berbeda antara struktural pejabat administrator dan pengawas dengan koordinator dan subkoordinator.” tambah Adi.

Kepala LAN berharap dengan adanya pelantikan pengalihan jabatan struktural ke fungsional ini akan meningkatkan performa LAN, karena tantangan ke depan bukan menjadi lebih kecil tetapi menjadi lebih komplek.

Seperti halnya pelantikan pejabat administrator menjadi pejabat fungsional yang lalu, pelantikan kali ini juga dilakukan dengan tetap menjaga physical distancing. Pejabat pengawas yang hadir langsung untuk diambil sumpah jabatannya diwakili oleh 10 orang. Sedangkan yang lainnya mengikuti jalannya pelantikan melalui video conference. (humas)

Skip to content