Menu Close

Bentuk Ikatan Alumni, LAN Bangun Kolaborasi antar Alumni Pelatihan Teknis

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai instansi yang bertanggungjawab dalam pengembangan kompetensi (bangkom) Aparatur Sipil Negara (ASN) terus berupaya memastikan setiap pelatihan yang diselenggarakan dapat memberikan dampak signifikan bagi perbaikan kualitas pelayanan publik. Salah satu inisiatif yang digagas LAN adalah pembentukan Ikatan Kekeluargaan Alumni Peserta Pelatihan Teknis dan Sosial Kultural ASN. Hal ini diungkapkan Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed saat membuka Festival Alumni yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural ASN di Graha Makarti Bhakti Nagari, ASN Corporate University, Jumat (13/9).

“Pembentukan Ikatan Alumni ini bertujuan untuk menjadi wadah formal bagi para alumni yang telah mengikuti berbagai pelatihan teknis di LAN, seperti pelatihan Analis Kebijakan, Manajemen Talenta, Coaching dan Mentoring, Pengelolaan Kinerja ASN, agar dapat terus berjejaring dan berkontribusi dalam pengembangan kompetensi ASN”, tambahnya.

Basseng melanjutkan, ikatan alumni ini selain menjadi sarana pembinaan alumni, sekaligus melihat sejauh mana dampak perubahan perilaku dan peningkatan kinerja dari para alumni pelatihan teknis dalam upaya mendukung capaian program prioritas pembangunan nasional.

Dalam Festival Alumni yang mengangkat Tema: “Igniting Connections, Inspiring Futures Impact” Basseng juga menyampaikan, menyikapi perubahan yang kian dinamis menuntut para alumni untuk senantiasa memperbaharui pengetahuan dan keterampilan mereka, maka kedepannya pembentukan ikatan alumni ini dapat menjadi langkah awal terbentuknya organisasi formal yang berkelanjutan, di mana forum-forum seperti ini akan terus digelar secara berkala untuk menjaga hubungan antar alumni, serta menjadi tempat untuk mempertahankan dan mengembangkan pengetahuan yang telah diperoleh selama pelatihan.

“Keberlanjutan forum ini juga diharapkan dapat melahirkan inisiatif-inisiatif baru, seperti pembentukan forum diskusi untuk alumni pelatihan analis kebijakan. Melalui kolaborasi ini, pengetahuan yang sudah dimiliki oleh para alumni dapat terus berkembang dan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di lapangan, guna mendukung peran ASN dalam menghadapi tantangan administrasi dan pemerintahan yang semakin kompleks”, ujarnya

Sinergi yang kuat antara penyelenggara dan para alumni peserta pelatihan menjadi sangat penting dalam mendukung kinerja-kinerja pemerintah dan perbaikan kualitas pelayanan publik, tutupnya

Sementara itu, Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural ASN, Dra. Isti Heriani, MBA dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini selain dimaksudkan untuk membangun jaringan yang kuat antara alumni juga upaya menciptakan platform interaktif yang memungkinkan para alumni pelatihan dan para stakeholder lainnya terlibat secara langsung sehingga dapat memberikan masukan dan umpan balik terhadap pelatihan-pelatihan teknis dan fungsional yang telah diselenggarakan LAN.

Adapun kegiatan festival alumni ini menghadirkan 4 narasumber yaitu, Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Kediri yang juga merupakan alumni Pelatihan Coaching dan Mentoring, Soni Subroto ML, Widyaiswara dari Kementerian Investasi/BKPM dan alumni Pelatihan Coaching dan Mentoring, Dr. M. Iqbal Hasan, Analis Kebijakan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan alumni Pelatihan Khusus Analis Kebijakan, Farida dan terakhir Widyaiswara dari Kabupaten Karawang dan alumni Pelatihan Manajemen Talenta, Dr. Rahman Tanjung.

Skip to content