Menu Close

Bimtek Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi (AKPK) Puslatbang KDOD LAN

SAMARINDA – Menutup hari kerja di minggu ke-empat bulan Februari ini, Blooming Competency Puslatbang KDOD LAN menggelar kegiatan Bimtek Analisis Kebutuhan Pengembangan Kompetensi (AKPK) pada hari ini, Jum’at (23/2) di Ruang Kelas B Puslatbang KDOD LAN. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan kompetensi yang sama kepada seluruh pegawai terhadap pelaksanaan AKPK yang didasari oleh PerLAN Nomor 10 Tahun 2018 tentang Pengembangan Kompetensi Pegawai Negeri Sipil. Hadir sebagai narasumber, Fajar Iswahyudi, salah seorang Widyaswara Ahli Madya Puslatbang KDOD LAN dengan berbagai pengalamannya dalam melakukan AKPK pada beberapa stakeholders, yang menjelaskan berbagai hal penting terkait dengan proses pelaksanaan AKPK tersebut.
.
“AKPK sendiri dalam pengertiannya menurut Wong (2020) merupakan proses mengukur, mengklasifikasikan, dan memenuhi kebutuhan pengembangan kompetensi untuk meningkatkan kinerja individu dan organisasi” tutur Fajar. “Kemudian mengapa AKPK ini penting? Tentu saja banyak sekali manfaat yang akan didapatkan baik untuk pegawai secara pribadi, maupun untuk organisasi. Manfaatnya antara lain adalah untuk meningkatkan kompetensi individu, menyelesaikan permasalahan kinerja individu dan organisasi, meningkatkan efektivitas dan efisiensi pengelolaan kompetensi organisasi, meningkatkan kinerja individu dan organisasi, serta meningkatkan respon individu dan organisasi terhadap isu strategis” jelasnya lagi. Kesimpulannya disampaikan Fajar bahwa jika tidak ada kompetensi maka tidak akan ada kinerja, dan semakin kompeten seseorang maka akan semakin efektif pula pekerjaannya. Dengan demikian, maka dapat dikatakan bahwa peningkatan kompetensi berkorelasi positif dengan peningkatan kinerja.
.
Di akhir sesi, Fajar mengatakan bahwa sebenarnya masih banyak hal penting lainnya yang belum tersampaikan dan dapat menjadi bahan diskusi yang menarik. Namun karena waktu yang terbatas, ke depan kegiatan ini dimungkinkan untuk dilanjutkan kembali untuk mengulas hal-hal penting lainnya seputar AKPK. Kegiatan ini kemudian diakhiri dengan sesi diskusi yang melibatkan seluruh peserta Bimtek, yaitu seluruh pegawai Puslatbang KDOD LAN. (ler/ler)
Skip to content