Menu Close

Edukasi Keuangan Tutup rangkaian kegiatan kolaborasi PKM Prodi ABSP Poltek STIA LAN Bandung dan OJK Provinsi Jawa Barat

Bandung – Sebagai tindak lanjut dari kegiatan Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat yang dimulai pada 8 Januari 2024, Prodi Administrasi Bisnis Sektor Publik Politeknik STIA LAN Bandung beserta Lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan kegiatan terakhir dari seluruh kegiatan kolaborasi tersebut.

Sebagai penutup dari kegiatan di pertemuan terakhir, topik yang dibahas adalah “Edukasi Membangun Keterampilan dan Kreativitas Siswa dalam Pembentukan Karakter Entrepreuner”. Kegiatan dilaksanakan pada Kamis (18/1) masih bertempat di lokus yang sama yaitu SD Unggulan Baitul Manshurin. Dibawah arahan dosen pembimbing Ibu Melati Dewi Asri, S.Pd., M.E, 6 orang mahasiswa Prodi ABSP.

Pada pertemuan terakhir tersebut, acara dibuka dengan penyampaian materi terkait Edukasi Keuangan Bagi pelajar yang disampaikan langsung oleh narasumber dari pihak OJK Provinsi Jawa Barat yaitu Ibu Andriani Alfiah Kurnia selaku pegawai Analis Junior Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen.

Tujuan edukasi ini untuk memberikan pemahaman sejak dini agar dapat mewaspadai pengaruh negatif layanan jasa keuangan ilegal yang biasanya dapat diakses dengan mudah melalui gadget, ketika anak-anak menggunakan handphone dan tidak sengaja menekan link alamat yang tidak jelas, yang biasanya diarahkan kepada layanan jasa keuangan ilegal dan rentan akan isu peretasan gadget atau handphone.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi dengan tema “Kreasi Digital Ala Millenial” dan juga praktik langsung pembuatan kreasi digital melalui media komputer bagi siswa-siswi kelas 3 SD Unggulan Baitul Manshurin.
Dari praktek yang telah dilakukan, diharapkan para siswa-siswi SD Unggulan Baitul Manshurin dapat memiliki keterampilan berkreasi secara digital melalui berbagai aplikasi yang dapat dimanfaatkan secara positif. Mereka juga memiliki keterampilan untuk dapat menghasilkan karya melalui teknologi digital sebagai bekal dasar bagi mereka untuk menjadi seorang entrepreneur millenial yang berdaya saing dengan semangat berkreativitas dan berinovasi.

Skip to content