Menu Close

Raker dan Pengembangan Kapasitas SDM Puslatbang KDOD LAN

SAMARINDA – Puslatbang KDOD LAN menggelar Rapat Kerja dan Pengembangan Kapasitas SDM yang dibuka pada hari Jum’at (19/1) di Ruang Jati Grand Jatra Hotel Balikpapan, oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Muhammad Aswad. Ada tiga aspek penting yang menjadi agenda prioritas untuk dibahas dalam kegiatan ini, yaitu Resolusi 2024, Budaya Kerja, dan Reformasi Birokrasi. Dalam sambutannya, Aswad menyampaikan bahwa saat ini tiga agenda tersebut yang menjadi perhatian dari pimpinan untuk eksistensi organisasi. Pertama, terkait dengan reformasi birokrasi yang harus kita program dengan baik dalam rangka mewujudkan target-target LAN di tahun 2024 ini. “Program-program RB kita tahun ini harus kita desain dengan baik agar dampaknya bisa dirasakan secara real oleh stakeholders. Isu-isu strategis yang berkembang, baik secara nasional maupun nasional harus bisa kita lihat dengan baik untuk bisa memberikan sumbangsaran atau solusi atas permasalahan yang terjadi” jelas Aswad. “Sebenarnya kalau kita melihat dari jumlah Kerjasama yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, keberadaan dan eksistensi kita sudah diakui oleh stakeholders. Tetapi memang dampaknya yang belum dirasakan secara maksimal” lanjutnya lagi. Untuk itu, Aswad juga menegaskan bahwa setiap pegawai harus bisa menjalankan fungsi-fungsi kehumasan dengan membranding kegiatan-kegiatan strategis ke stakeholders eksternal melalui kanal-kanal yang tersedia, agar dapat terus menjaga eksistensi dan citra positif Puslatbang KDOD LAN.

Agenda kedua, yaitu terkait Budaya Kerja yang didasari oleh masih rendahnya penilaian values BerAKHLAK di lingkungan pegawai LAN RI. Bahkan 2 (dua) buah values, yaitu adaptif dan harmonis menjadi values terendah dalam penilaian secara keseluruhan. Untuk itu, Aswad menginginkan agar Tim Kelompok Budaya Kerja dapat mendesain bagaimana caranya mengukur values tersebut dari waktu ke waktu dengan indikator-indikator yang ditetapkan.

Selanjutnya agenda ketiga adalah Resolusi 2024, yang bertujuan untuk mengidentifikasi hal-hal dalam organisasi yang perlu diperbaiki dalam rangka meningkatkan kinerja organisasi. “Kolaborasi menjadi salah satu aspek penting yang juga mendapatkan perhatian dari pimpinan” ujar Aswad. “Sinergi antara kita dengan pihak eksternal maupun sesama internal kita harus bisa bersinergi dengan baik dengan dibarengin ekspertis dari masing-masing pegawai. Pegawai yang belum memiliki ekspertis nantinya bisa diinkubasi oleh pegawai yang sudah memiliki ekspertis, agar nantinya bisa memiliki kompetensi yang sama” imbuhnya. Selain itu Aswad juga menegaskan bahwa expert pool juga merupakan hal yang penting, dimana kita harus bisa mengembangkan keahlian yang kita miliki, dan harus memiliki peningkatan level dari waktu ke waktu.

Kegiatan Rapat Kerja dan Pengembangan Kapasitas SDM ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 19 – 20 Januari 2024. Diharapkan dari kegiatan ini akan dihasilkan program-program kegiatan yang dapat dilaksanakan dengan komitmen penuh dari seluruh pegawai di lingkungan Puslatbang KDOD LAN. (ler/ler)

Skip to content