Menu Close

Ciptakan Co-creation Bersama Wujudkan Future Leaders,  LAN Lepas Peserta ASN Talent Academy Angkatan Pertama 

Jakarta – Dalam upaya merespon tantangan serta turbulensi yang tengah terjadi di era disrupsi saat ini, diperlukan sosok pemimpin yang tidak lagi bekerja dengan cara-cara biasa (business as ussual) melainkan pemimpin yang mampu membawa perubahan birokrasi ke arah yang lebih baik, sosok pemimpin masa depan (future leader) perlu dikaderisasi sejak dini sehingga kelak ia mampu memberikan terobosan dan inovasi baru untuk memberi yang terbaik bagi bangsa. Hal ini diungkapkan Deputi bidang Penyelenggaraan Pengembangan kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed saat memberikan sambutan dalam Upacara Penutupan ASN Talent Academy Angkatan I Tahun 2023, di Aula Prof Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN Jalan Veteran Nomor 10 Jakarta Pusat, Jumat (8/12).

Basseng juga menyampaikan dalam rangka membentuk future leader ini, seluruh pihak perlu terlibat, tak terkecuali pihak swasta atau korporasi. Karena produk-produk pemerintah tentu saja tidak hanya berdampak bagi publik, melainkan juga bagi korporasi, maka sudah saatnya melakukan co-creation dalam membentuk future leader yang mampu menjawab tantangan-tantangan di masa yang akan datang.

“Tantangan-tantangan di masa yang akan datang meliputi antara lain, percepatan pelayanan publik melalui digitalisasi birokrasi, perubahan iklim yang menimbulkan anomali lingkungan, maka dibutuhkan pemimpin yang mendorong pertumbuhan ekonomi hijau (green growth), tantangan lainnya adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat di segala bidang.” ungkap Basseng.

Lebih jauh, Basseng menyampaikan, sebagai pihak yang mendapat amanah Undang-Undang untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, ASN harus selalu dapat beradaptasi untuk berubah dalam cara bekerja, mindset, mengoptimalkan teknologi dalam menjalankan pekerjaannya untuk menjadi katalis pembangunan. Kondisi ini menjadi tantangan birokrasi untuk membentuk pemimpin masa depan yang memiliki kemampuan holistik dan paripurna.

“Melalui ASN Talent Academy ini, telah terpilih kader-kader future leader terbaik, melalui serangkaian tahapan seleksi yang ketat sehingga terpilih 30 peserta yang diharapkan mampu memberi warna bagi birokrasi kedepannya. Mereka telah diajarkan bagaimana menjadi pemimpin perubahan seperti memiliki wawasan yang luas, mampu melahirkan gagasan perubahan dan menuangkannya ke dalam rencana aksi perubahan dan terakhir mampu mengimplementasikan rencana aksi tersebut di instansinya masing-masing.” jelasnya.

Basseng melanjutkan, dalam agenda pembelajarannya, peserta ASN Talent academy diberikan tantangan untuk memberikan pelayanan terbaik “service challenge” melalui program magang di korporasi dan melakukan benchmark di Vietnam. Tantangan ini dimaksudkan sebagai referensi dalam mengelola pelayanan prima dan praktik kepemimpinan melayani yang akan diimplementasikan di instansinya.

“Terakhir saya tekankan kepada seluruh peserta ASN Talent Academy untuk senantiasa tidak berpuas diri melainkan terus mengembangkan kompetensi baik secara manajerial, teknis dan sosial kultural, ini akan menjadi bekal menjadi seorang future leader yang mampu berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Maju 2045 mendatang.” tutupnya.

Sementara itu, Head of Banking Service Hana Bank, Julianti Hosen mengapresiasi kegiatan ASN Talent Academy sebagai wujud kolaborasi antara pemerintah dan sektor swasta dalam membangun negeri dengan menciptakan kader-kader pemimpin masa depan. Kegiatan ini diharapakan dapat terus dilanjutkan sehingga tercipta sinergitas yang kuat antara public sector dengan private sector.

Hal senada diungkapkan, Human Capital System and Talent Development Head Bank Sinarmas, Bayu Aji Wicaksana yang menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan pemerintah dengan membentuk calon pemimpin masa depan. Melalui proses magang di lingkup korporasi, peserta dapat mempelajari secara langsung bagaimana bisnis proses di sektor swasta, yang diharapkan dapat diadopsi di sektor pemerintah.

Selain perwakilan Hana Bank dan Bank sinarmas, hadir pula dalam kesempatan itu, perwakilan korporasi lokus magang peserta ASN Talent Academy, diantaranya WOM Finance, Kimia Farma, Jamkrindo Syariah, Global Tiket Network, dan BPJS kesehatan. 

Dalam kesempatan ini juga diumumkan 3 (tiga) peserta terbaik ASN Talent Academy, sebagai berikut  : 

  1. Diki Koerniadi, S.Pd – Pemerintah Kabupaten Sumedang
  2. Angga Trysa Yuherda, S.T., M.T. – Pemerintah Provinsi Jawa Barat
  3. Muhammad Rezky Aditya Ardiyan., SE., M.Soc. Sc – Lembaga Administrasi Negara

 

Skip to content