Menu Close

Wujudkan Data Driven Organization, LAN Gelar Bootcamp Data Hackathon 2023

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai organisasi yang terbuka atas perubahan, menempatkan data sebagai bagian dari budaya kerja dan berupaya mewujudkan data driven organization yaitu organisasi yang menjadikan data dan analitik sebagai bagian penting dari organisasi. Hal tersebut disampaikan Sekretaris Utama (LAN) dalam sambutannya, pada Pembukaan Bootcamp LAN Data Hackathon 2023, secara daring, Senin (10/7).

“Data terus berkembang dan diprediksi akan terus meningkat. Di era digital, data semakin mudah diakses dan  tingginya produksi data yang menyebabkan ukuran data membesar dan membutuhkan ahli yang bisa mengekstrak informasi yang tersembunyi di dalam data.” ungkapnya.

Lebih lanjut, Reni menekankan bahwa data analis  atau seorang yang mengelola, menganalisis dan menginterpretasikan data bukanlah ilmu yang eksklusif  untuk jurusan tertentu saja seperti IT ataupun Statistik, faktanya, mereka yang menjadi data analis berasal dari latar belakang akademik yang beragam, data analis dapat dipelajari semua orang dengan kualitas kerja keras dan ketekunan yang baik

“Terakhir saya berpesan kepada seluruh peserta untuk untuk  mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dengan cara  menyimak secara cermat seluruh materi yang akan disampaikan oleh para narasumber, selamat berkompetisi dan jadilah yang terbaik.” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama pihak Tanoto Foundation yang diwakili Civil Service Leadership Development,  Yunety Tarigan,  berharap pada bootcamp ini akan memberikan manfaat bagi peserta juga bagi institusinya, untuk penguatan – penguatan di dalam kinerja kelembagaan. Selain itu peserta diharapkan juga dapat berbagi apa yang didapatkan dari pelatihan ini, dan peserta dapat menjadi think tank pada institusinya sebagai data analyst.

Sebagai informasi bootcamp ini merupakan rangkaian kegiatan LAN Data Hackathon yang terselenggara berkat kerja sama LAN dengan Tanoto Foundation sebagai instansi/organisasi yang sama – sama bergerak di bidang Pendidikan dan pengembangan kompetensi. Kompetisi yang  ditujukan bagi para penggiat sains data, pemerhati data (Data Enthusiast) ataupun Penggiat Teknologi (AI dan Machine Learning), dimana sebelumnya telah terjaring  20 Peserta dari berbagai Instansi Pemerintah  yang telah mengirimkan proposalnya  atau  solusi ide awal berupa dashboard permodelan visualisasi dengan berbagai dataset yang telah disediakan.

Peserta bootcamp dari lembaga pemerintah yang beragam  terdiri dari 10 Institusi Pemerintah yang akan mengikuti kegiatan training atau pelatihan secara intensif dalam waktu singkat untuk meningkatkan skill dan keahliannya. Di sini, peserta bootcamp akan belajar mengolah, menganalisis, dan membangun visualisasi data sebelum nantinya menyelesaikan sebuah project yang didemokan di depan para panelis.

Skip to content