Menu Close

Komitmen Berkontribusi Wujudkan Sasaran RB Berdampak, LAN Gelar Temu Alumni Pelatihan Revolusi Mental

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Teknis dan Sosial Kultural Aparatur Sipil Negara (Pusbangkom TSK ASN) menyelenggarakan Temu Alumni Pelatihan Revolusi Mental (TEMAN REVA). Kegiatan ini merupakan salah satu upaya LAN mewujudkan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bahwa seluruh kegiatan di birokrasi harus berdampak. Kegiatan yang diisi dengan berbagai agenda, seperti sapa alumni, silaturahmi alumni, sharing success story alumni tentang implementasi Rancangan Transformasi Budaya Birokrasi (RTBB) sekaligus forum komunikasi antar alumni Pelatihan Revolusi Mental (Revmen) Tahun 2022 ini diselenggarakan secara daring, Senin (10/4).

Dalam sambutannya Deputi Bidang penyelenggaraan Bangkom LAN pembukaan Dr. Basseng, M.Ed, menekankan kepada alumni untuk saling mengingatkan, berdampingan dan introspeksi diri dalam mengimplementasikan RTBB, karena merupakan bentuk kontribusi alumni untuk mewujudkan Budaya Birokrasi yang Bersih, Melayani dan Responsif.

Dalam kesempatan tersebut perwakilan alumni yaitu Vivi Herlinda dari Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang menyampaikan keberlanjutan RTBB nya tentang Peningkatan Penegakan Disiplin ASN di Inspektorat Pemkot Tangerang Selatan, dengan menginisiasi sistem presensi online yang berdampak pada peningkatan disiplin, kejujuran dan tanggung jawab pegawai pemkot Tangsel.

Sementara alumni lainnya, Aditya Himawan dari BP2MI membagikan kisah sukses dan keberlanjutan implementasi RTBB “SIMADU (Sistem Informasi Kerjasama Terpadu) merupakan Sistem Pengelolaan Dokumen Kerjasama yang diterapkan secara nasional dan telah berhasil menyelesaikan 200 dokumen Kerjasama. Aplikasi tersebut berdampak pada peningkatan pelayanan yang lebih cepat, efektif dan efisien dan dapat mendorong budaya kerja yang penuh inisiatif.

Temu Alumni ini juga menjadi forum pengenalan terhadap instrumen evaluasi pasca pelatihan dan rencana kegiatan evaluasi pasca pelatihan bagi alumni pelatihan Revmen yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Gambaran instrumen secara umum disampaikan oleh para Widyaiswara. Kapusbangkom TSK ASN, Dra Isti Heriani, MBA juga menyatakan agar para alumni dapat termotivasi meneruskan keberlanjutan RTBB dan sekaligus dapat menerapkan budaya birokrasi yang bersih melayani bagi diri sendiri dan menularkannya kepada institusi. Diharapkan kegiatan temu alumni ini dapat dilaksanakan secara rutin dan merupakan satu kesatuan kegiatan dengan setiap kegiatan pelatihan.

Sebagai informasi Pelatihan Revolusi Mental untuk Penguatan Budaya Birokrasi yang Bersih, Melayani dan Responsif telah dilaksanakan beberapa angkatan setiap tahun dan pada tahun 2021 ditegaskan dengan Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia No. 4 Tahun 2021 tentang Pelatihan Revolusi Mental. Pelatihan Revmen merupakan pelatihan strategis dalam upaya percepatan tercapainya sasaran Reformasi Birokrasi dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik yang selama ini dirasakan belum berdampak pada masyarakat. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali kompetensi peserta agar mampu memiliki cara pandang, cara pikir, dan budaya kerja dan cara kerja yang berintegritas, memiliki etos kerja yang tinggi, semangat gotong royong untuk memberikan pelayanan yang bersih, melayani dan responsif. (humas)

 

Skip to content