Menu Close

Pamerkan Inovasi Sektor Publik, LAN selenggarakan Festival Inovasi peserta PKN Tingkat I angkatan LII

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) kembali menyelenggarakan Festival Inovasi peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat I Angkatan LII secara klasikal di Graha Makarti Bhakti Nagari, LAN Corporated University, Pejompongan, pada Rabu (29/6). Pada kesempatan tersebut, Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Dr. Basseng M.Ed dalam sambutannya mengatakan, Festival inovasi ini merupakan pameran hasil pemikiran, proses dan produk inovatif peserta PKN Tingkat I angkatan LII yang dikemas dalam sebuah pameran inovasi.

“Inovasi proyek perubahan peserta ini telah melalui serangkaian tahapan proses yang dimulai dari rancangan proyek perubahan, yang kemudian diseminarkan dan diimplementasikan, dan pada hari ini, dipamerkan” tambahnya.

Ia juga menjelaskan, peserta selama 4 (empat) bulan berada pada pada learning community dan telah mempelajari bagaimana menjadi pemimpin kolaboratif yaitu pemimpin yang mampu mengorkestrasi aktor-aktor pembangunan di berbagai stakeholders dalam rangka mengimplementasikan ide dan gagasan proyek perubahannya tersebut.

Basseng menjelaskan, ada 2 bukti peserta telah mencapai kompetensi kepemimpinan kolaboratif yang pertama, peserta harus mampu menghasilkan produk pembelajaran secara kolektif, yaitu policy brief yang telah dipresentasikan kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Dr. Airlangga Hartarto yang juga mengapresiasikan hasil pembelajaran tersebut.

“Indikator kedua ialah peserta mampu membuat proyek perubahan dan inovasi secara individu yang hasilnya hari ini kita pamerkan kepada stakeholders  sebagai unsur penilaian pada peserta yang telah mampu mewujudkan hasil pemikirannya melalui sebuah inovasi sector public,” tuturnya.

Lebih lanjut, Basseng menjelaskan, Festival Inovasi merupakan salah satu dari sekian banyak cara untuk mempromosikan inovasi yang telah dirancang dan diimplementasikan oleh peserta. Tentunya selain dengan Festival Inovasi ini para peserta dapat memanfaatkan teknik promosi lainnya dengan menggunakan berbagai media sosial.

“Saya berharap peserta dan seluruh hadirin yang menyaksikan Festival Inovasi ini akan mengubah mindsetnya untuk senantiasa melakukan inovasi dan kedepannya sebagai pegawai ASN, kita diharapkan gemar berinovasi untuk kepentingan publik dalam mencapai cita-cita bangsa.” tutupnya.

Hadir pula dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Utama Badan Pengawasan Kebijakan Pembangunan, Ernadhi Sudarmanto, Ak., M.M.,M.Ak., Kepala Pusat Pengembangan Kompetensi Manajerial Aparatur Sipil Negara, Dr. Caca Syahroni, M.Si, dan Kepala Pusat Pembinaan Jabatan Analis Kebijakan, Yogi Suwarsono, Ph.D. 

Scroll Up