Menu Close

Tepat Obat, Tepat Dosis, Tepat Waktu

SAMARINDA – Forum Kelompok Budaya Kerja (KBK) kembali digelar dengan mengusung tema “Tepat Obat, Tepat Dosis, Tepat Waktu”, yang dibawakan dengan apik oleh Dirmah Sekarsari, Perawat Terampil di Puslatbang KDOD, Ruang Auditorium Puslatbang KDOD, Jum’at (13/5). Disampaikan oleh Dirmah, bahwa selama ini kebanyakan orang menganggap bahwa dirinya telah memahami obat apa yang dibutuhkan oleh tubuhnya jika mengalami suatu penyakit. Bahkan di Puslatbang KDOD sendiri, masih banyak yang langsung meiminta jenis obat tertentu tanpa berkonsultasi sebelumnya kepada Dokter yang ada. “Kebiasaan inilah yang seharusnya kita perbaiki” tegas Dirmah.

Selanjutnya Dirmah mengatakan bahwa terdapat perbedaan antara obat dan suplemen makanan, dimana obat digunakan untuk menyembuhkan penyakit, sedangkan vitamin untuk mencegah penyakit. “Semuanya ada dosis dan takarannya masing-masing. Obat-obatan bisa berbahaya bagi tubuh kita jika tidak dikonsumsi sesuai dengan instruksi Dokter. Bahkan mengkonsumsi vitamin C dalam jumlah yang banyak misalnya, dapat meningkatkan resiko batu ginjal. Hal ini menunjukkan bahwa rendahnya pengetahuan terkait penggunaan obat atau vitamin dapat mengakibatkan terjadinya perilaku yang salah terhadap obat sehingga berkorelasi terjadinya efikasi obat yang rendah, resistensi obat, dan penggunan obat yang tidak rasional” terang Dirmah lagi.

Oleh karena itu dalam kesempatan ini, Dirmah juga berbagi tips mengenai cara mengkonsumsi obat yang benar, yaitu dengan memperhatikan tanggal kadaluarsa, dosis yang dianjurkan, cara penggunaan obat, waktu minum obat, cara penyimpanan obat, dan asupan makanan dan obat lain yang sedang dikonsumsi pada saat yang sama. Selain itu, Dirmah juga berbagi tips agar seseorang tidak lupa untuk minum obat sesuai anjuran dokter, yaitu dengan membuat catatan dan meletakkan obat di tempat yang sering terlihat, mengkonsumsi obat berdekatan dengan kegiatan tertentu misalnya setelah makan atau sebelum berangkat ke kantor, mengkonsumsi obat di waktu yang sama setiap hari, menggunakan pengingat di ponsel, dan meminta orang terdekat untuk membantu mengingatkan.

Setelah Dirmah selesai memberikan paparan, kegiatan ini dilanjutkan dengan sesi diskusi atau tanya jawab. Seluruh peserta yang terdiri dari para pegawai dan PPNPN di lingkungan Puslatbang KDOD diberikan kesempatan untuk memberikan pertanyaan terkait dengan materi yang diberikan. Kegiatan yang dimoderatori oleh Irawati, Bendahara di Puslatbang KDOD LAN ini berlangsung selama kurang lebih 120 menit. (ler/ler)
#lanuntuknegeri #kawanlan #makartibhaktinagari #puslatbangkdod #asnunggul #asnberakhlak #banggamelayanibangsa

Skip to content