Menu Close

Kajian Ramadhan, Ramadhan Dalam Refleksi Kebangsaan

Jakarta – Dalam rangka meningkatkan pengetahuan Islam pada bulan suci Ramadhan, Politeknik STIA LAN Jakarta menyelenggarakan “Kajian Ramadhan” setiap Senin hingga hari Kamis setiap pekannya. Pada kesempatan kali ini, kegiatan kultum Ramadhan menghadirkan penceramah Prof. Dr. Nurliah Nurdin, M.A., Direktur Politeknik STIA LAN Jakarta secara daring via aplikasi Zoom.

Nurliah mengangkat judul kajian yaitu “Ramadhan Dalam Refleksi Kebangsaan “. Menurut Nurliah, berpuasa mengkonfigurasi keberadaan iman dan jiwa.

Islam juga tidak terlepas dari perjuangan para tokoh perjuangan dalam meraih kemerdekaan. Tanggal proklamasi dipilih pada tanggal 17 Agustus dan angka 17 juga mencerminkan jumlah rakaat sholat dalam Islam. Proklamator Kemerdekaan Indonesia, Bung Karno juga meminta pendapat para kyai untuk waktu proklamasi.

Ibadah di bulan suci Ramadhan, dalam refleksi kebangsaan, menguatkan teologi, ibadah, dan muamalah. Semua bermuara pada ketakwaan kepada Allah SWT dalam menjaga diri dan lingkungan dan menjadi manusia yang bermanfaat bagi orang lain. Sebagai Aparatur Sipil Negara, harus memberikan tauladan yang baik dalam melaksanakan tugas di lingkungan kerja sebagai muslim yang memberikan rahmat bagi semesta alam.

Skip to content