Menu Close

Wujudkan Green Office, LAN Manfaatkan Panel Surya dalam Aktivitas Kantor

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) terus berupaya dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi hijau (Green Growth) sebagai salah satu upaya pembangunan dengan memperhatikan kelestarian dan keberlanjutan lingkungan hidup. Pemanfaatan energi terbarukan dan bersih merupakan hal penting dalam mengurangi emisi karbon hingga nol atau zero carbon. Hal tersebut diungkapkan Kepala LAN, Dr. Adi Suryanto, M.Si saat meresmikan panel surya dan Gedung Pengelola Kampus, di ASN Corporate University LAN Pejompongan, Kamis (13/1).

Kepala LAN menambahkan, dengan mengurangi emisi karbon ini berarti kualitas udara akan semakin membaik Kemudian, lingkungan juga dapat ikut membaik karena aktivitas penambangan untuk pemenuhan energi fosil semakin berkurang.

“Dari sekian pilihan, surya atau matahari dinilai sebagai sumber energi terbarukan paling berkelanjutan. Paparan sinar matahari takkan habis untuk waktu sekian abad, hal ini dapat kita manfaatkan sebagai sumber energi listrik melalui pembangkit listrik tenaga surya” tuturnya.

Adi Suryanto menyadari pemanfaatan panel surya ini masih belum maksimal dikarenakan belum dilengkapi dengan baterai penyimpanan energi listrik, jadi baru dapat dipakai pada siang hari ketika aktifitas kantor, namun kedepannya kita akan melakukan pengadaan baterai untuk menyimpan energi yang dapat dipakai pada malam hari.

“Untuk membangun panel surya ini memang membutuhkan anggaran yang cukup besar di awalnya, namun dampaknya akan dirasakan oleh generasi selanjutnya, anggaran yang besar ini diambil dari anggaran setiap unit kerja di akhir tahun lalu, ini merupakan upaya kolaborasi  dalam rangka mengurangi silo mentality” ungkapnya.

Sementara itu Sekretaris Utama LAN, Dra Reni Suzana, MPPM dalam laporannya mengatakan, selain pembangunan panel surya, dalam kesempatan tersebut Kepala LAN juga meresmikan Gedung Pengelola Kampus yang diharapkan kedepannya dapat menjadi centre of information para stakeholders yaitu para peserta diklat dan pegawai di lingkungan LAN.

“Dulu ruangan pengelola kampus cukup memprihatinkan padahal unit ini bertanggung jawab terhadap lingkungan di Pejompongan, semoga dengan renovasi ini dapat memberi energi baru untuk dapat melayani lebih baik lagi” tambahnya

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita, serta kunjungan langsung ke panel surya yang berada di rooftop Gedung Wisesa.

Scroll Up