Menu Close

Kapuslatbang KDOD Internalisasikan Core Values ASN #BerAkhlak

Samarinda – Dalam rangka menginternalisasikan Core Values ASN Berakhlak yang digaungkan oleh Presiden Jokowi sejak bulan Agustus yang lalu, Kepala Puslatbang KDOD Mariman Darto mengajak seluruh pegawai untuk duduk bersama dalam Forum KBK di Auditorium Puslatbang KDOD, Kamis (18/11) . Adapun materi yang dibahas adalah terkait dengan Core Values ASN Berakhlak yang merupakan singkatan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, dan Adaptif.

Dalam paparannya Mariman menegaskan bahwa perubahan core values ini dikarenakan definisi akhlak itu sendiri sangat erat kaitannya dengan pembentukan karakter dan juga revolusi mental yang saat ini juga tengah menjadi prioritas pemerintah. Oleh karena itu, seluruh ASN harus dapat menanamkan nilai-nilai tersebut dan menjadikannya sebagai pondasi budaya kerja yang profesional.

Tujuh core values ini kemudian dibungkus dengan employer branding ASN “Bangga Melayani Bangsa”. Artinya adalah agar setiap ASN dapat memiliki pegangan terkait nilai-nilai dasar dan juga semboyan yang sama dimanapun ditugaskan dan apapun jabatan yang diemban. “Tentu saja muaranya, ujung tombaknya, adalah pelayanan publik, yang sebenarnya juga tidak bisa berhenti sampai disitu” tegas Mariman. “Harus ada implementasi, harus ada evidence atau bukti yang menunjukkan bahwa masyarakat mendapatkan kepuasan dari pelayanan yang kita berikan” lanjutnya lagi.

Menurut Mariman, upaya untuk melembagakan nilai-nilai ini wajib hukumnya, agar setiap pegawai memiliki komitmen yang sama, yang akan memperkuat peran ASN sebagai perekat dan pemersatu bangsa. (ler/ler)

Scroll Up