Menu Close

Dambakan Keberhasilan Tim, Puslatbang KDOD Gelar Webinar bertajuk Membangun The Winning Team Melalui Mental Spiritual

SAMARINDA – “Membangun The Winning Team Melalui Mental Spiritual” menjadi topik yang diusung dalam Webinar yang digelar oleh Puslatbang KDOD LAN melalui aplikasi Zoom Meeting, Selasa (9/11).  Kegiatan yang berdurasi selama kurang lebih 3 jam ini menghadirkan Direktur Teknikal PSSI Indra Sjafrie sebagai Narasumber, yang selama ini lebih dikenal dengan sapaan Coach Indra.

Dalam paparannya, Coach Indra banyak menceritakan tentang perjalanan karirnya yang juga penuh dengan lika liku sampai akhirnya meraih kesuksesan. “Tiga kata kunci yang saya dapatkan dari pengalaman saya” ujar Coach Indra. “Teori, Skills, dan Iman atau keyakinan. Pada akhirnya iman atau keyakinan itulah yang membawa saya dan Timnas berhasil meraih kesuksesan, bahkan keluar sebagai pemenang dalam beberapa pertandingan” lanjutnya lagi. Pria yang memiliki dua orang anak ini percaya, bahwa tidak ada manusia yang sempurna, sehingga ia tegas mengatakan bahwa tidak memiliki manusia yang dijadikan panutan dalam pekerjaannya. Coach Indra menjelaskan bahwa panutannya sebagai seorang muslim hanyalah Nabi Muhammad SAW. Sedangkan dari manusia-manusia hebat yang ada di dunia ini, ia hanya mengambil pelajaran dan menjadikan prestasi mereka untuk memotivasi perkembangan karirnya ke depan.

“Pelatih itu ialah motor, icon, atau pimpinan dalam sebuah tim. Sehingga keberhasilan dalam sebuah tim tergantung dari pelatihnya. Begitu pula dengan sebuah organisasi. Keberhasilan atau kesuksesan organisasi juga sangat tergantung dari pemimpinnya. Jika keadaan sedang berjalan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, maka kuncinya adalah kesabaran dan keikhlasan. Percayalah, jika anda bersabar dan ikhlas, maka anda akan menuai hasil yang luar biasa nantinya” papar Coach Indra. “Untuk itu, saya sendiri memiliki harapan agar sepakbola di negeri ini dapat terus berkembang baik secara industri maupun prestasi. Demikian pula yang saya harapkan untuk organisasi pemerintah di negara ini” tegasnya lagi.

Sementara itu, Kepala Puslatbang KDOD LAN Mariman Darto dalam Opening Remarks menyampaikan hal-hal yang melatarbelakangi diangkatnya Webinar dengan tema ini dan menghadirkan narasumber yang berbeda dari yang biasanya. Mariman mengatakan bahwa tema yang diusung dalam webinar ini sangat relevan dengan apa yang diinginkan oleh pemerintah. “Saat ini LAN juga telah melakukan banyak program terkait dengan revolusi mental para ASN. Tentu saja sangat program tersebut mengandung peran-peran spiritualitas di dalamnya. Webinar ini menjadi salah satu bagian untuk menumbuhkan sikap mental yang baik untuk para generasi milenial yang saat ini juga sudah merambah ke dunia pemerintahan, dan tentu saja juga bagi sebuah tim dalam organisasi” jelas Mariman. “The Winning Team saya rasa merupakan gambaran puncak prestasi yang harus kita raih, yang menjadi dambaan bagi setiap tim” lanjutnya lagi.

Skip to content