Menu Close

Dukung Percepatan Inovasi, LAN Dampingi Kabupaten Tojo Una-Una Launching 55 Ide Inovasi

AMPANA – Saat ini Indonesia dihadapkan dalam situasi dan kondisi yang serba terbatas dalam bekerja karena adanya Pandemi Covid-19. Kondisi yang mengharuskan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk melakukan Work From Home (WFH) dan social distancing. Hal ini merupakan pemicu untuk dapat menghasilkan berbagai inovasi untuk tetap dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen Aparatur Sipil Negara, Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dr. Agus Sudrajat, S.Sos., M.A. pada Launching Inovasi Kabupaten Tojo Una-Una, Laboratorium Inovasi Program Prioritas Nasional 2021 dan Penandatanganan Komitmen Pelaksanaan Inovasi di Aula Bupati Tojo Una-Una, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah, Kamis (21/10).

“Inovasi yang dimaksud adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang berpedoman pada prinsip : peningkatan efisiensi, perbaikan efektivitas, perbaikan kualitas pelayanan, tidak ada konflik kepentingan, berorientasi kepada kepentingan umum, dilakukan secara terbuka, memenuhi nilai-nilai kepatutan, dan dapat dipertanggung jawabkan hasilnya, serta tidak untuk kepentingan diri sendiri”. tambahnya.

Agus Sudrajat juga menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Tojo Una-Una beserta jajarannya, atas semangatnya yang begitu luar biasa karena saat ini sudah sampai pada tahapan Launching Inovasi penyelenggaraan kegiatan Program Prioritas Nasional Laboratorium Inovasi.

“Saya cukup bangga walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang memaksa sebagian besar dari kita harus bekerja dari rumah (work from home) dan bekerja secara virtual, tetapi Kabupaten Tojo Una-Una mampu menghasilkan 55 ide inovasi dari 35 OPD yang di launching pada pagi ini” ungkapnya.

Lebih lanjut Agus Sudrajat mengingatkan bahwa kegiatan launching inovasi ini bukanlah akhir dari kegiatan inovasi, ini merupakan pertengahan dari perjalanan inovasi kita, yang artinya kita akan senantiasa mengembangkan inovasi kita untuk meningkatkan pelayanan demi kesejahteraan dan kemajuan masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una. Diharapkan semua ide inovasi yang hari ini di launching dapat segera diimplementasikan dengan cepat dan dimonitor terus pelaksanaannya.

“Dalam kesempatan ini, kami juga sampaikan secara khusus untuk Dinas Pariwisata, bahwa untuk mengembangkan Kepulauan Togean memang tidak bisa sendiri, perlu adanya kolaborasi, koordinasi, dan sinergi juga antar OPD serta dukungan dari Bapak Bupati. Perlu saya informasikan, kami dari LAN RI telah membuka kolaborasi Kabupaten Tojo Una-Una dengan pihak Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan mendapat respon yang positif. Semoga ikhtiar kami ini dapat membuka jalan pengembangan Kepulauan Togean ke depannya dan terjalin kerjasama yang baik antara Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una dengan Kemenparekraf bahkan tidak menutup kemungkinan dengan pihak-pihak yang lainnya”. Tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Bupati Tojo Una-Una,  Mohammad Lahay, SE, MM juga mengapresiasi setinggi tingginya kepada para innovator OPD yang telah menghasilkan inovasi yang nantinya diharapkan dapat meningkatkan pelayanan bagi masyarakat dan memberikan kecepatan kemudahan, keakuratan dalam melayani kebutuhan masyarakat dan memaksimalkan RPJMD sebagai turunan visi misi bupati. Serta ucapan terimakasih yang tak terhingga kepada LAN atas hibah berupa Labinov, semoga apa yang telah diberikan, kolaborasi yang dibangun dapat memberikan hasil yang diharapkan bersama.

“Inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan ini menjadi keniscayaan. Pelayanan yang cepat dan akurat hanya akan dicapai dengan inovasi. Ini merupakan momentum dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Perlu kita pahami bahwa inovasi bukan hanya menjalankan urusan pemerintahan, namun harus menjadi nafas dalam urusan pemerintahan. Diperlukan inovasi di setiap OPD untuk percepatan pelayanan dan percepatan pembangunan daerah demi mengejar ketertinggalan dari daerah lainnya”. Jelasnya.

Turut hadir pada kegiatan ini, Kepala Pusat Inovasi Administrasi Negara (PIAN) LAN RI, Dra. Isti Heriani, MBA, yang sekaligus menyampaikan laporan penyelenggaraan Laboratorium Inovasi Program Prioritas Nasional 2021 dengan tema “Akselerasi Inovasi Tata Kelola Pemerintah dalam Meningkatkan Daya Saing Daerah”.

“Kami menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Kabupaten Tojo Una-Una beserta jajarannya, terutama kepada Bappeda yang telah bersemangat dan berkomitmen tinggi mengawal tahapan demi tahapan dari Laboratorium Inovasi. Harapannya kegiatan ini dapat segera diimplementasikan dan dikawal sehingga dapat meningkatkan indeks inovasi daerah”.

Laboratorium inovasi yang dilaksanakan di Kabupaten Tojo Una-Una ini merupakan Program Prioritas Nasional 2021 yang dibiayai oleh APBN bersama 3 Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Lombok Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Sorong. Pada kesempatan ini, Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una menjadi lokus kedua yang melakukan kegiatan launching inovasi. Dalam perjalanannya, LAN melalui PIAN telah melakukan pendampingan kepada Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una baik secara virtual dan klasikal sejak awal tahun 2021. Dalam acara launching ide inovasi tersebut dihadiri pula oleh Wakil Ketua DPRD Kab Tojo Una-Una dan Sekretaris BAPPEDA Provinsi Sulawesi Tengah.

Skip to content