Menu Close

Birokrasi Agile Tuntut ASN Harus Cepat Beradaptasi dalam Segala Situasi

Jatinangor – Masa pandemi Covid-19 membuat kita harus lebih cepat lagi menangkap perubahan. Perubahan yang sangat cepat ini harus didukung oleh birokrasi yang agile. Agile atau tangkas adalah sebuah kemampuan dalam mengidentifikasi peluang atau masalah, lalu bergerak menindaklanjutinya dengan periode yang cepat. Birokrasi yang agile adalah birokrasi yang mampu beradaptasi dalam segala situasi disrupsi saat ini dengan tetap dapat memberikan pelayanan yang mudah bagi masyarakat.

Dalam kesempatan membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III angkatan VII yang digelar Puslatbang PKASN secara daring, Jumat (6/8), Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara Dr. Basseng, M.Ed menyampaikan bahwa untuk dapat membentuk sosok PNS yang cepat beradaptasi perlu dilaksanakan pembinaan bagi CPNS melalui jalur pelatihan dasar yang mengarah kepada upaya pembentukan pribadi-pribadi yang berkualitas, mempunyai perilaku kerja yang baik, berdedikasi tinggi, serta memahami dan menghadirkan nilai-nilai yang berpedoman pada independensi, integritas, dan profesionalisme dalam kehidupan sehari-hari.

Latihan Dasar CPNS ini adalah dasar bagi para peserta untuk dapat memahami nilai-nilai ANEKA yang kemudian harus di internalisasi pada seluruh aspek kehidupan bukan terbatas pada pelaksanaan tugas sebagai ASN saja tetapi menjadi nilai yang dibawa oleh setiap individu aparatur negara. Menjadikan ASN yang BerAKHLAK, lanjut Basseng didepan 40 orang peserta Latsar Pemerintah Kota Tegal. (Humas)

Scroll Up