Menu Close

Puslatbang KDOD Sampaikan Laporan Kemajuan Rencana Aksi Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di Hadapan Tim Penilai Internal

Samarinda – Tahun 2017 lalu, Puslatbang KDOD telah berhasil mendapatkan penghargaan atas pembangunan ZI Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dari Kemenpan RB. Namun demikian, Puslatbang KDOD tidak ingin cepat merasa puas dan berbangga diri dengan pencapaian tersebut, sehingga dapat berupaya untuk terus berbenah dalam rangka meningkatkan integritas, pelayanan dan kinerja. Tahun ini Tim Pembangunan ZI Puslatbang KDOD diberikan kesempatan untuk menyampaikan laporan kemajuan rencana aksi pembangunan ZI menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) di hadapan Tim Penilai Internal Pembangunan Zona Integritas secara daring melalui media Zoom Meeting, Rabu (21/7). Kegiatan ini merupakan agenda monitoring dan evaluasi Pembangunan ZI pada unit kerja yang telah mendapatkan predikat WBK.

Agenda tersebut diawali oleh penjelasan mekanisme dari moderator acara, yang dilanjutkan dengan paparan laporan kemajuan pembangunan ZI yang telah dilakukan sejak mendapatkan predikat WBK oleh Ketua Tim Kerja Pembangunan ZI menuju WBBM, Windra Mariani. Waktu 15 (lima belas menit) dimanfaatkan secara maksimal oleh Windra dengan penjelasan yang terstruktur dan komprehensif, lengkap dengan bukti pelaksanaan rencana aksi tersebut. Di momentum tersebut, Kepala Puslatbang KDOD Mariman Darto juga diberikan kesempatan untuk berbicara, dimana ia menegaskan bahwa pembangunan ZI dilakukan untuk memberikan manfaat yang lebih luas ke masyarakat. Karena alasan tersebut, maka aksi-aksi dalam pembangunan ZI tersebut menurut Mariman perlu dilakukan secara kontinyu agar terjadi peningkatan integritas, pelayanan, dan kinerja untuk masyarakat dan Indonesia yang jauh lebih baik.

Pada sesi berikutnya, Tim Penilai Internal Pembangunan Zona Integritas juga memberikan saran dan masukan guna memaksimalkan pembangunan ZI di Puslatbang KDOD. Menurut Tim Penilai, monitoring dan evaluasi terhadap seluruh kegiatan wajib dilakukan. Kemudian seluruh agen perubahan juga wajib untuk memahami rencana aksi secara keseluruhan. Namun kegiatan rencana aksi juga perlu untuk melakukan perbandingan antara sebelum dan sesudahnya (setelah mendapatkan WBK dan persiapan ke WBBM). Terakhir, Tim Penilai juga menyampaikan agar Puslatbang KDOD dapat melakukan peningkatan pada inovasi yang telah diadopsi oleh satker lainnya, dan juga peningkatan komunikasi kepada stakeholders.

Kami, Puslatbang KDOD mohon dukungan dan doa dari #kawanlan agar Pembangunan ZI di Puslatbang KDOD dapat meningkat levelnya kepada predikat WBBM. Ayo, dukung kami terus!!

Scroll Up