Menu Close

Puslatbang KDOD Menerima Studi Lapangan(Stula) peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas(PKP) Angkatan II dari Balai Diklat Keagamaan Kota Padang

Samarinda – Pusat Pelatihan dan Pendidikan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) menerima Studi Lapangan (Stula) peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan II dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Padang secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting, Senin (14/7). Fokus Stula ini berpusat pada pembangunan zona integritas di Puslatbang KDOD.

Dalam sambutannya, Kepala Bagian Umum Puslatbang KDOD Windra Mariani menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada Penyelenggara dan Peserta PKP yang telah menjadikan Puslatbang KDOD sebagai lokus kegiatan Stula. Menurut Windra, studi lapangan ini sebaiknya tidak hanya ingin mendapatkan pelajaran yang dipetik (lesson learnt), mengadopsi dan mengadaptasi keunggulan strategi dan manajemen kinerja pelayanan publik sesuai lokus stula, namun hal penting lainnya adalah bagaimana peserta sebagai pemimpin perubahan dapat belajar menerima kelemahannya, belajar menjadi pemerhati dan pendengar yang baik.

Sebagaimana diketahui bersama, ada dua sasaran yang ingin dicapai dalam Zona Integritas yaitu: Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih dan Bebas KKN; dan Terwujudnya Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. “Membangun Zona Integritas menuju WBK dan WBBM adalah kerja bareng (kayuh baimbai) oleh karenanya semua pihak mulai dari pimpinan dan seluruh pegawai harus punya komitmen yang kuat, punya mindset (pola pikir dan budaya kerja) yang sama sehingga keberhasilan membangun Zona Integritas ini dapat dicapai”. jelas Windra.

Senada dengan yang disampaikan oleh Windra, Kepala Balai Diklat Keagamaan Padang, Khoirul Amani, juga menyampaikan ucapan terimakasih karena Puslatbang KDOD berkenan menerima stula dari Balai Diklatnya. Khoirul berharap agar para peserta dapat menyimak dengan baik, serta memperhatikan dengan seksama gerakan atau inovasi-inovasi dalam pembangunan zona integritas di Puslatbang KDOD agar dapat diterapkan di lingkungan kerjanya.

Selanjutnya, pada sesi kedua dilanjutkan dengan pemaparan pembangunan zona integritas oleh dua narasumber dari Puslatbang KDOD, yaitu Kepala Bagian Umum Puslatbang KDOD Windra Mariani dan Koordinator Kajian Desentralisasi dan otonomi Daerah Puslatbang KDOD Siti Zakiyah. Disampaikan oleh narasumber bahwa pembangunan zona integritas ini dimulai sejak Puslatbang KDOD berdiri pada tahun 2005. Berbagai perubahan telah diupayakan agar zona integritas di Puslatbang KDOD terus tumbuh dan semakin kokoh. Kegiatan Stula ini berlangsung sekitar empat jam, dengan antusias tinggi dari peserta yang memperkaya kegiatan ini dari pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan.

Scroll Up