Menu Close

Ciptakan Smart ASN Untuk Birokrasi 4.0, Puslatbang PKASN Laksanakan Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV

Jatinangor- Dalam rangka meningkatkan daya saing indonesia dalam dunia internasional dan menghadapi berbagai tuntutan untuk terus meningkatkan pelayanan publik yang berkualitas serta pemerintahan berkelas dunia, dibutuhkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkompeten dan berkinerja tinggi. Terkait dengan hal tersebut pemerintah melakukan berbagai kebijakan untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja ASN. Salah satunya adalah menetapkan kebijakan Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan berbagai aturan pelaksanaannya. Hal tersebut disampaikan Kepala Puslatbang PKASN Dr. Hari Nugraha, SE., MPM pada Upacara Pembukaan Latsar CPNS Golongan III Angkatan IV Puslatbang PKASN Tahun 2021, yang digelar secara daring, Jumat (9/7).

“Pelatihan Dasar CPNS dilaksanakan selain sebagai bentuk pemenuhan syarat untuk diangkat menjadi PNS, mampu pula membangun kesadaran untuk meningkatkan dan mengembangkan kompetensi agar menjadi PNS yang profesional yang berkarakter sebagai pelayan masyarakat.” tambah Hari.

Hari juga menegaskan bahwa saat ini pemerintah gencar memperbaiki kinerja ASN secara digital, sejak tahap rekrutmen untuk mendapatkan orang-orang terpilih atau Smart ASN yang akan menggerakkan sistem pemerintahan di Indonesia. Smart ASN yang menguasai teknologi dapat mendukung sistem pemerintahan ke birokrasi 4.0, yang tentu beriringan dengan revolusi industri 4.0.

“Tantangan birokrasi ke depan semakin kompleks dan luar biasa terlebih di masa pandemi seperti ini oleh karena itu dibutuhkan pula sosok ASN yang berperan sebagai motor penggerak pelayanan. Pembinaan bagi CPNS melalui jalur pelatihan dasar yang mengarah kepada upaya pembentukan pribadi-pribadi yang berkualitas, mempunyai perilaku kerja yang baik, berdedikasi tinggi, serta memahami dan menghadirkan nilai-nilai yang berpedoman pada independensi, integritas, dan profesionalisme dalam kehidupan sehari-hari,” pungkas Hari. (Humas)

Scroll Up