Menu Close

Bangun Karakter CPNS, Puslatbang PKASN Selenggarakan Latsar CPNS Angkatan ke III

Jatinangor – Pilihan menjadi ASN motivasinya terdapat dalam diri sendiri. Syarat menjadi ASN harus mengetahui budaya kerja yang dibutuhkan untuk bekerja di birokrasi atau di sektor publik karena untuk menjadi ASN atau pelayan publik sangat berbeda dengan tata kerja di dunia pekerjaan lainnya. Hal tersebut disampaikan Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed pada Pembukaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan III Angkatan ke III Puslatbang PKASN yang diselenggarakan secara virtual, Kamis (1/7)

Basseng menyampaikan, ada tiga organisasi tempat bekerja pegawai. Yang pertama adalah swasta dimana budaya kerja yang dibangun dalam rangka mencari profit. Yang kedua LSM (NGO) yang memiliki budaya kerja di organisasi ini berjuang mengusung hal yang terkait di bidangnya. Yang ketiga adalah Organisasi Sektor publik (Birokrasi Pemerintah) dengan budaya kerja nya memiliki nilai dasar/sifat/karakter tertentu yang esensi nya melayani rakyat (Civil Service).

“Saat ini pilihan organisasi yang dipilih adalah sektor publik dan kebanggaan menjadi PNS adalah ketika bisa melayani rakyat secara profesional. Untuk itu menuju profesional harus memiliki kompetensi yang salah satunya adalah integritas. ini lah yang harus anda junjung tinggi dan kedepan nya harus membuat anda bangga jadi pelayan masyarakat.” tegas Basseng.

Terakhir Basseng menyampaikan peribahasa, “Mendidik diwaktu kecil bagai mengukir diatas batu, Mendidik diwaktu dewasa bagai mengukir diatas air” dalam menggambarkan pembangunan karakter dalam dunia pelatihan Pegawai Negeri Sipil.

Skip to content