Menu Close

Puslatbang KDOD Gelar Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV Tahun 2021

Samarinda – Dengan adanya SE Kepala LAN Nomor 13/K.1/HKM.02.3/2021 Tentang Pelaksanaan Tugas Dalam Masa Pandemi Covid-19, pelatihan yang semula akan kita lakukan secara blended learning ini akhirnya harus kembali ke full daring. Hal tersebut disampaikan Kepala Puslatbang KDOD Mariman Darto dalam sambutannya saat melepas secara resmi Pelatihan Kepemimpinan Pengawas Angkatan IV Tahun 2021 secara virtual, Jum’at (25/6) secara virtual.

“Untuk itu, kami memohon maaf kepada anda semua karena terpaksa pembelajaran secara klasikal yang seharusnya kita laksanakan pada minggu ini tidak dapat dilakukan” lanjutnya lagi.

Pelatihan ini menurut Mariman bukan semata-mata hanya untuk mendapatkan sertifikat kelulusan, namun yang terpenting adalah para alumni bisa membangun networking atau jejaring yang luas. “Kompetensi yang diharapkan dalam pelatihan ini adalah pelayanan publik, dimana anda semua berada pada garda terdepan dan menjadi ujung tombak kualitas layanan publik. Oleh karena itu, pelayanan yang anda berikan kepada masyarakat haruslah berkualitas, mudah, cepat, responsif, melalui berbagai terobosan yang anda miliki” jelas Mariman lagi.

Mariman mengatakan menciptakan terobosan di era new normal seperti ini memang tidak mudah. Namun demikian, ia berharap kepada seluruh peserta agar tetap memiliki semangat untuk terus berkarya agar dapat terus melakukan perubahan di internal.

Hal penting lainnya yang disampaikan oleh Mariman adalah terkait membangun kerekatan dengan publik, atau yang disebut dengan engagement people. Menurut Mariman hubungan baik dengan masyarakat harus terus dibangun, agar berbagai saran dan kritikan bisa terus didapatkan untuk menjadi sebuah cerminan dalam melakukan upaya-upaya kedepan yang lebih baik. Disamping itu, Mariman pun mengatakan bahwa saat ini teknologi menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Mobilitas yang tinggi, dan layanan yang tidak dapat dilakukan dengan tatap muka, adalah salah satu alasan mengapa proses online harus dikedepankan.

Di akhir sambutannya, Mariman juga membacakan lima orang perserta terbaik yang meraih peringkat I sampai dengan V, yaitu :

1. Peringkat I, Dyna Evi Septiana dari Kelurahan Sumber Rejo Kota Balikpapan;

2. Peringkat II, Muh. Takwin dari Kelurahan Lok Tuan Kota Bontang;

3. Peringkat III, Revi Citrawaty dari Dinas Penanaman Modal dan Perijinan Terpadu Kota Balikpapan;

4. Peringkat IV, Lukman Riyadi dari Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan;

5. Peringkat V, Suberti dari DPPPAKB Kota Balikpapan.

Skip to content