Menu Close

Puslatbang KDOD Gelar Forum Kelompok Budaya Kerja – Sosialisasi Draft Dialog Kinerja (Loker)

Samarinda – Dialog Kinerja Individu yang disingkat dengan Loker Individu, merupakan salah satu inovasi dari Tim RB Area Penataan SDM Aparatur Puslatbang KDOD, yang menjadi topik dalam Forum Kelompok Budaya Kerja (KBK) Puslatbang KDOD, di Ruang Auditorium Puslatbang KDOD Jum’at (11/6). Koordinator Tim RB Area Penataan SDM Ellyana menjadi Narasumber utama yang menggawangi presentasi tersebut, didampingi oleh seluruh anggota tim lainnya. Elly mengatakan bahwa lahirnya inovasi ini didasari oleh adanya kebutuhan organisasi dalam membangun kepercayaan, keterbukaan, dan transparansi dalam hal manajemen kinerja SDM Aparatur.

“Loker Individu ini merupakan sebuah metode komunikasi antara atasan langsung dengan bawahannya, untuk mendiskusikan kinerja individu yang mencakup review atas capaian target SKP, hambatan-hambatan, serta kebutuhan pengembangan untuk perbaikan kinerja, yang didokumentasikan secara formal oleh organisasi” jelas Elly. “Nantinya, kita akan melakukan kegiatan ini secara berkala, yaitu pada awal tahun (Januari), tengah tahun (Juni atau Juli), dam akhir tahun (Desember). Di setiap pelaksanaannya tentu saja akan membahas hal-hal yang berbeda yang disesuaikan dengan waktunya. Misalnya, di awal tahun akan membahas seputar evaluasi capaian kinerja tahun lalu dan penyusunan SKP tahun berjalan. Kemudian di akhir tahun akan membahas terkait pemberian penilaian pegawa dan review capaian target dan capaian pengembangan kompetensi” sambung Elly lagi..Elly mengatakan bahwa dengan adanya inovasi Loker Individu ini, diharapkan akan menghasilkan beberapa output seperti rencana perbaikan kinerja dan pengembangan kompetensi yang disepakati bersama, review kinerja pegawai serta hasil identifikasi hambatannya, rekapitulasi hasil review kinerja, dan rekapitulasi rencana perbaikan kinerja dan rencana pengembangan kompetensi.

Proses diskusi dan tanya jawab yang berlangsung setelah presentasi selesai berjalan dengan lancar. Beberapa pegawai terlihat antusias untuk memberikan masukan dan juga pertanyaan. Seluruh masukan tersebut akan digunakan oleh Tim RB Area Penataan SDM Aparatur Puslatbang KDOD untuk melakukan penyempurnaan dalam rancangan inovasi Loker Individu ini.

Scroll Up