Menu Close

Raker LAN 2021 Fokus pada Pengembangan Karakter Pegawai

Aceh – Pengembangan karakter menjadi salah satu kunci utama untuk mempersiapkan generasi muda yang siap menghadapi tantangan memasuki era VUCA (volatility, uncertainty, complexity, and ambiguity), LAN perlu menciptakan kultur baru yang adaptif dengan perubahan yang mampu membangun generasi milenial yang berkarakter. Hal ini disampaikan kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si pada Rapat Kerja LAN Tahun 2021, di Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Hukum Administrasi Negara (Puslatbang PKHAN), Aceh, Kamis (8/4).

“Regenerasi LAN berjalan begitu cepat, ditambah lagi dengan rekrutmen pegawai dari kalangan milenial dalam jumlah yang cukup banyak, maka kita perlu generasi-generasi ini menjadi kader LAN kedepannya dengan pembekalan pengembangan kompetensi dan pembangunan karakter. Kita perlu menyiapkan formula  dan terobosan baru secara terprogram untuk membentuk karakter Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tepat untuk generasi milenial ini, maka kedepannya pengembangan kompetensi dan pembangunan karakter menjadi sebuah kebutuhan bagi kaum milenial untuk dapat mengikuti secara sukarela,” ungkapnya.

Adi Suryanto menambahkan, momen raker ini merupakan kesempatan LAN untuk memperkuat koordinasi, keselarasan serta kesinambungan langkah strategis LAN untuk terus terus berkinerja mencapai target-target yang telah ditentukan.

“Beberapa target lainnya antara lain memperkuat LAN Corporate University (LAN Corpu), kita perlu kembali mematangkan dan mengembangkan seperti apa Corpu LAN, Corpu di instansi lain serta Corpu secara nasional. Selain LAN Corpu, penguatan Politeknik STIA LAN menjadi salah satu pencapaian target kinerja kita, bagaiman membentuk perguruan tinggi terapan yang berbeda dengan perguruan pada umumnya, dengan komposisi 70 persen praktek dan 30 persen teori.” tambahnya

Sementara itu dalam laporannya, Sekretaris Utama LAN, Dra. Reni Suzana, MPPM mengapresiasi capaian kinerja LAN yang mendapat penghargaan dari Kementerian Keuangan atas kinerja anggaran tahun 2020 untuk kategori Kementerian/Lembaga dengan pagu kecil dengan nilai 96,92.

“Kesempatan Raker ini menjadi momen kita bersama untuk lebih memperhatikan target-target kinerja yang telah ditetapkan namun tetap mengedepankan aspek akuntabilitas, masa pandemi tahun lalu menjadi pengalaman berharga sehingga beberapa kesalahan tidak terulang” tuturnya.

Raker LAN 2021 ini turut dihadiri oleh Sekretaris Utama LAN, JPT Madya LAN, JPT Pratama LAN, Direktur Politeknik STIA LAN, Pejabat Administrator, Koordinator dan Subkoordinator di lingkungan LAN. Raker LAN ini diselenggarakan tanggal 8-10 April 2021 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Skip to content