Menu Close

Puslatbang KMP Berupaya Lahirkan Pemimpin Strategis melalui Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II

Makassar – Pemimpin strategis adalah sosok yang dibutuhkan dalam mewujudkan birokrasi berkelas dunia. Pemimpin strategis ini dicirikan oleh 3 hal, yaitu: mampu membangun sinergi antar unit dengan menerapkan prinsip Whole of Government, mampu menjadi motor penggerak perubahan strategis, dan memiliki karakter kepemimpinan terbuka serta mampu mengelola keberagaman untuk mencapai hasil kerja yang berdampak luas. Hal tersebut disampaikan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Adi Suryanto, M.Si saat membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VII yang diselenggarakan Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Manajemen Pemerintahan (Puslatbang KMP) Makassar, di di Aula Hasanuddin Puslatbang KMP, Jl. Raya Baruga No. 48 Makassar, Kamis, (25/3).

“Tantangan yang dihadapi oleh Bangsa Indonesia saat ini membutuhkan transformasi di sektor publik. Kolaborasi antara seluruh unsur pemerintah dalam mengembangkan dan mensukseskan program-program dalam RPJPN dan RPJMD adalah yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan tersebut. Saya berharap seluruh peserta PKN Tingkat II Angkatan VII ini akan mampu menjadi alumni yang dapat menunjukkan kemampuan untuk membentuk kepemimpinan strategis dalam rangka menghadapi dinamika lingkungan organisasi serta mampu mendorong perubahan organisasi yang berdampak bagi organisasi sesuai dengan tanggungjawab instansinya,” tegas Adi Suryanto.

Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk. II Angkatan VII diikuti oleh 60 peserta, 7 peserta berasal dari instansi pemerintah pusat dan 53 orang berasal dari pemerintah daerah.  Pelatihan ini dilaksanakan dengan metode blended learning yaitu dengan memadukan metode klasikal dan metode distance learning (pembelajaran jarak jauh). Pelatihan secara klasikal dilaksanakan di Kampus Puslatbang KMP LAN dengan menerapkan protokol pencegahan covid-19 secara ketat

Pada kesempatan tersebut hadir Kepala Puslatbang KMP LAN, Dr. Andi Taufik, M.Si dan Kepala BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan Drs. H. Asri Sahrun Said yang mewakili Plt. Gubernur Sulawesi Selatan serta tamu undangan dari berbagai lembaga pelatihan di wilayah Kota Makassar. Turut hadir pula dalam upacara pembukaan ini Walikota Baubau, Dr. H. AS Tamrin, MH., Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur, ST, M. Si, serta Bupati Buton Selatan, H. La Ode Arusani mengingat kegiatan ini dirangkaikan pula dengan Penandatanganan Nota Kesepahaman dengan 3 daerah tersebut.

Skip to content