Menu Close

Kokohkan Rencana Strategis, Puslatbang KDOD Reviu Renstra 2020-2024

Samarinda – Memasuki minggu ketiga di bulan Januari 2021, Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah (Puslatbang KDOD) Samarinda, Mariman Darto bersama Kepala Bagian Umum, koordinator, dan subkoordinator melaksanakan reviu Renstra Puslatbang KDOD 2020-2024, Senin (25/1). Reviu ini bertujuan untuk melakukan pemantapan strategi pencapaian kinerja Puslatbang KDOD selama empat tahun mendatang, mengingat pentingnya capaian kinerja dalam mendukung langsung kinerja LAN.

Dalam arahannya Mariman menyampaikan reviu ini difokuskan pada instrumen pengukuran indikator kinerja, strategi pengukurannya, serta penyiapan SDM. Pada konteks indikator kinerja latbang, yaitu meningkatnya perilaku peserta pelatihan perlu dirumuskan instrumen yang handal dan valid mengingat sampai dengan saat ini belum ada kebijakan penetapan instrumen terkait.

“Keberadaan instrumen haruslah dibarengi dengan manajemen database alumni sebagai basis responden survey. Sementara itu, pada pengukuran kinerja kajian, yaitu kemanfaatan kajian, perencanaan dan monitoring secara berkala menjadi kunci keberhasilan pengukuran kinerja dikarenakan periode pengukuran selama lima tahun terakhir.” Tegasnya.

Mariman juga menyampaikan dari hasil reviu ini juga didapatkan bahwa kunci penting dalam mewujudkan target kinerja Renstra adalah manajemen SDM yang kompeten dan profesional dan budaya kreatifitas dan inovasi. Kekosongan beberapa jabatan, khususnya Sub Koordinator Umum dan SDM, perlu segera diusulkan ke LAN Pusat untuk mengantisipasi timpangnya dukungan operasional terhadap fungsi utama Puslatbang KDOD.

“Pemenuhan gap kompetensi juga dianggap perlu untuk menjadi prioritas dalam rangka menghasilkan kinerja yang berkualitas di samping adanya dukungan sarpras yang modern dan Teknologi Informasi yang memadai.” Tambah Mariman

Di akhir arahannya, Mariman juga berharap untuk tidak cepat merasa puas dengan output kegiatan yang sifatnya rutinas, namun Puslatbang KDOD juga harus mengupayakan output yang sifatnya kreatif dan inovatif.

Skip to content