Menu Close

Lewat KLP Festival 2020, LAN Buka Peluang Lulusan PKN STAN Berkarir

Jakarta –  Paradigma Ilmu Administrasi Negara sekarang merupakan sebuah ilmu yang dinamis, begitu pula dengan apa yang Lembaga Administrasi Negara (LAN) lakukan. LAN mengikuti dinamika perkembangan sehingga tidak terjebak pada Administrasi dalam arti yang sempit. Yang paling utama dari tugas LAN adalah bagaimana memberikan kontribusi dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur. Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Biro SDM dan Umum LAN, M. Yusuf Gunawan Idris, S.IP, ME pada acara Kementerian / Lembaga / Pemerintah Daerah Festival (KLP Fest) 2020 bagi para Calon Lulusan Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN Tahun 2020 yang diselenggarakan melalui daring, Rabu (7/10). 

Pada kesempatan tersebut Yusuf mengenalkan secara singkat Struktur Organisasi LAN secara umum, rencana unit kerja penempatan para lulusan, tugas fungsi instansi, gambaran pekerjaan, pengembangan pegawai, jalur karir, dan fasilitas penunjang lain yang mendukung pekerjaan.

“Saat ini LAN membutuhkan 19 orang pegawai dengan latar belakang lulusan Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4) PKN STAN yang rencananya akan ditempatkan sebagai Pengelola Keuangan pada Kantor Pusat LAN RI Jakarta sebanyak 12 orang dan Satuan Kerja (Satker) Daerah LAN RI sebanyak 7 orang”, tambah Yusuf.

Lebih lanjut Yusuf mengatakan bahwa LAN membuka peluang bagi para pegawainya untuk melanjutkan studi seluas-luasnya, baik di dalam maupun di luar negeri dengan syarat minimal masa kerja 2 tahun.

“Yang paling penting di LAN itu kita tidak hanya disibukkan dengan berbagai pekerjaan, tapi harus ada keseimbangan antara pekerjaan dengan aktivitas lainnya. Dalam hal ini adalah aktivitas sosial dan aktivitas lain yang sifatnya menyeimbangkan fungsi otak kanan dan otak kiri. Kami ada kegiatan berbasis minat/hobi seperti kegiatan-keagaramaan keagamaan, sosial, kesenian, olahraga, dan beladiri”, tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, turut hadir Koordinator Bidang Pengelolaan Keuangan, Dwi Ariany, S.Sos., M.Si. selaku atasan rekan-rekan lulusan PKN STAN Tahun 2019 yang menjelaskan secara garis besar tugas pengelola keuangan yaitu bertanggung jawab mengelola uang operasional pekerjaan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan jadwal yang telah direncanakan dan memberikan laporan mengenai pelaksanaan tugasnya.

“Alhamdulillah dengan hadirnya alumni PKN STAN sangat membantu kami di Kelompok Substansi (Poksi) Keuangan pada khususnya. Para milenial ini senantiasa berperilaku santun dan bekerja sangat dinamis, cerdas, cepat, kreatif serta inovatif. Hal ini terbukti dengan berbagai aktualisasi yang diciptakan ketika mengikuti Pelatihan Dasar (Latsar) merupakan pemenuhan kebutuhan di Poksi Keuangan”, terang Dwi.

Pada akhir sesi, Ferlianti Ratna Julinar, A.Md.Ak., atau yang akrab disapa Nana, selaku alumni PKN STAN D3 Akuntansi angkatan 2016 yang berkesempatan memberikan testimoni setelah sebelumnya bergabung dengan LAN.  Kekeluargaan adalah first impression ketika pertama kali bergabung dengan LAN.

“Mengenai tugas belajar dan izin belajar, di LAN ini kami benar-benar didukung secara penuh untuk belajar dan berkembang. Beruntung kami di sini dapat belajar di lingkungan kekeluargaan yang sangat mendukung satu sama lain dengan baik, jadi jangan ragu lagi untuk bergabung dengan LAN”, ucapnya.

Kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan terutama bagi 2.447 calon lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2020 terkait informasi lain yang relevan pada 54 Kementerian / Lembaga / Pemerintah Daerah penerima alokasi lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN.

KLP Fest merupakan upaya Kementerian Keuangan dalam implementasi leaders factory untuk mewujudkan SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) yang kompeten dan kompetitif serta mendukung pengelolaan keuangan Negara yang kredibel. (humas)

Skip to content