Menu Close

Puslatbang PKASN Gandeng Pemkot Bandung Selenggarakan Bimtek SAKIP

Jatinangor-Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi Aparatur Sipil Negara (Puslatbang PKASN) Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Bimbingan Teknis (Bimtek) Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Angkatan I Tahun 2020 secara virtual Senin, (31/8).

Kepala Puslatbang PKASN LAN yang diwakili oleh Widyaiswara Ahli Madya, Dr. H. Baban Sobandi dalam sambutannya menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan bimtek tersebut.

“Bimtek ini bertujuan agar tiap alumni mampu menyusun LAKIP, namun yang tak kalah penting adalah bagaimana semua peserta menjadi akuntabel dalam menyelenggarakan pemerintahan dan pembangunan serta membangun budaya akuntabilitas di lingkungan organisasinya.” tambah Baban

Sementara itu Sekretaris Daerah Kota Bandung yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum dan Kepegawaian Kota Bandung, Dadang Gantina, S.H., M.A.P saat membuka acara bimtek menyampaikan untuk menuju SAKIP Kota Bandung dengan Predikat Terbaik dibutuhkan komitmen seluruh perangkat daerah di Kota Bandung.

“Pemerintah Kota Bandung mendapatkan predikat WTP untuk kali pertama pada 2019, namun capaian tersebut tidak sejalan dengan penilaian SAKIP yang justru menurun pada tahun yang sama. Perlu ketelitian perangkat daerah dari mulai perencanaan, pelaksanaan, pengawasan hingga evaluasi program serta komitmen bersama seluruh perangkat daerah untuk menuju SAKIP Kota Bandung predikat terbaik.” Tutup Dadang.

Acara pembukaan dilanjutkan dengan Ceramah Kebijakan SAKIP 2020-2024 dari Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan I, Ronald Andrea Annas, Ak. Pada ceramahnya, Ronald menekankan pentingnya pemerintahan yang berorientasi pada hasil dengan indikator kejelasan dan keterukuran capaian kinerja.

Scroll Up