Deskripsi Singkat
Pelatihan Akademi Talenta ASN (ASN Talent Academy) adalah program pengembangan kompetensi terintegrasi untuk membentuk pemimpin masa depan.
ASN Talent Academy dilakukan untuk mendukung manajemen talenta nasional untuk menyiapkan talenta Aparatur Sipil Negara sebagai calon pemimpin birokrasi masa depan melalui pembelajaran terintegrasi melalui pembentukan Kompetensi manajerial dan teknikal, baik materi hardskills maupun softskills melalui pembelajaran dengan metode blended learning; (e-learning melalui LMS, berbasis pengalaman/experiential learning melalui magang korporasi, benchmarking, job assignment serta pembelajaran klasikal).
Kompetensi yang dikembangkan dalam Akademi Talenta ASN adalah membentuk pemimpin masa depan dalam manajemen pelayanan publik sesuai tantangan lingkungan untuk mewujudkan Indonesia Emas.
Dasar Hukum
Sekolah Kader [Download]
- Peraturan LAN No. 5 Tahun 2023 Tentang Akademi Talenta Aparatur Sipil Negara;
- Keputusan Kepala LAN No 365 Tahun 2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Akademi Talenta ASN.
Kurikulum
Kurikulum ASN Talent Academy dibagi dalam 2 (dua) Rumpun yakni:
- Rumpun Manajemen Perubahan Pelayanan Publik yang terdiri dari 4 (empat) Agenda, yakni :
- Agenda 1 : Career & Life Skills;
- Agenda 2 : Digital Skills;
- Agenda 3: Learning & Innovation Skills;
- Agenda 4 : Leadership & Management.
- Rumpun Kepemimpinan Pelayanan, terdiri dari 1 (satu) Agenda pembelajaran, yakni :
- Agenda 5 : Aktualisasi Kepemimpinan Pelayanan, terdiri dari:
- Manajemen Pelayanan;
- Magang Korporasi dan Benchmarking;
- Aksi Perubahan Kepemimpinan Pelayanan.
Pada Tahap UnBundling peserta pelatihan mempelajari Agenda 1 s.d 4, dan jika peserta pelatihan ASN Talent Academy lolos pada Tahap UnBundling selanjutnya dapat mengikuti Tahap Bundling untuk mengikuti pembelajaran Agenda 5.
Pengampu Mata Pelatihan
Kurikulum Tahap Unbundling | ||
---|---|---|
No. | Agenda | |
1. | Agenda I: Career and Life Skill | 1. Adaptabilitas 2. Percaya Diri 3. Menyelesaikan Masalah Kompleks 4. Kecerdasan Emosional 5. Ketahanan Emosional 6. Individu Berpengaruh |
2. | Agenda II: Digital Skills | 1. Melek Digital 2. Era Dsirupsi dan Transformasi Digital 3. Komputasi Awan (Cloud Computing) 4. Penggalian Data (Data Mining) 5. Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) 6. Analisis Maha Data (Big Data Analysis) |
3. | Agenda III: Learning & Innovation Skills | 1. Desain Pola Pikir 2. Berpikir Kritis dan Kreatif |
4. | Agenda III: Leadership & Management | 1. Kepemimpinan dalam Pelaksanaan Pekerjaan 2. Kolaborasi Budaya Silang 3. Komunikasi dalam Pelayanan Publik 4. Perencanaan Kegiatan Pelayanan Publik 5. Penyusunan RKA Pelayanan Publik 6. Manajemen Pengawasan 7. Etika dan Integritas Kepemimpinan Pancasila 8. Orientasi Pelayanan 9. Membangun Tim Efektif 10. Manajemen Mutu |
Kurikulum Tahap Bundling | ||
No. | Agenda | |
1. | Klasikal 1 | 1. Overview Kebijakan 2. OLE 3. Isu Aktual dan Isu Strategis dalam Kepemimpinan Pelayanan 4. Pendalaman Materi Kinerja Pelayanan 5. Penjelasan Konsep Pembelajaran Aksi Perubahan Manajemen Pelayanan |
2. | Klasikal 1: Magang di Korporasi | Observasi Excellent Costumer Service Orientation Terkait 4 Agenda Unbundling |
3. | Klasikal 1: Benchmarking Luar Negeri | Scanning Best Practices dan Lesson Learned Terkait 4 Agenda Unbundling |
4. | Klasikal 1: Implementasi Aksi Perubahan di Instansi | 1. Pelaksanaan Aksi Perubahan Manajemen Pelayanan yang Sudah dirancang 2. Peserta Berperan Sebagai Leader |
5. | Klasikal 2: | Paparan dan Penilaian |
Metode Pembelajaran
Experiential Learning
Blended Learning
Kepesertaan
Aplikasi (Link)
Pusat Pengembangan Kader Aparatur Sipil Negara
Jalan Veteran No. 10, Gambir Jakarta Pusat
Telp. (021) 3455021, 3868201-05, Fax. (021) 3848792