Menu Close

Komisi II DPR RI Setujui Pagu Anggaran LAN Tahun 2025 Sebesar 315 Miliar

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi II DPR RI bertempat di ruang rapat komisi II DPR RI, Senayan, Selasa (10/9). Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA pada kesempatan itu memaparkan kinerja perubahan yang telah dicapai LAN diantaranya transformasi dan digitalisasi pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN), akselerasi inovasi dalam meningkatkan indeks inovasi daerah dan indeks pelayanan publik serta capaian-capaian target yang telah diraih sepanjang tahun 2023.

Muhammad Taufiq menjabarkan beberapa capaian yang telah diraih LAN sepanjang tahun 2023 antara lain keberhasilan memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ke 17 kalinya, peringkat tertinggi indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Predikat Sangat Memuaskan pengawasan kearsipan 5 kali berturut-turut, Predikat Badan Publik Kualifikasi Informatif untuk keempat kalinya, serta beberapa torehan keberhasilan lainnya.

“Dari hasil Pertemuan Tiga Pihak (Trilateral Meeting) antara Lembaga Administrasi Negara dengan Kementerian PPN/Bappenas dan Kementerian Keuangan mengenai Penyusunan Rancangan Renja LAN Tahun 2025 disepakati bahwa Lembaga Administrasi Negara berperan mendukung Prioritas Nasional melalui pencapaian target Output sebanyak 3 (tiga) Rincian Output yaitu piloting pengembangan kompetensi tematik di daerah lambat tumbuh, Rencana Pengembangan kompetensi Nasional sesuai dengan tujuan Pembangunan Nasional serta Penyelenggaraan ASN Talent Academy”. tambahnya.

Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua Komisi II DPR RI, H. Ahmad Doli Kurnia Tandjung menyetujui Pagu Anggaran LAN Tahun 2025 sebesar Rp. 315.388.668.000 yang dialokasikan untuk Program Dukungan Manajemen sebesar Rp. 258.198.536.000 dan Program Kebijakan, Pembinaan, Profesi dan Tata kelola ASN sebesar Rp. 57.190.132.000.

RDP ini juga diikuti oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), dan Ombudsman RI (ORI). Hadir mendampingi Kepala LAN, Sekretaris Utama, Dra. Reni Suzana, MPPM, Deputi Bidang Kajian dan Kebijakan Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo WU., MA., serta Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, Dr. Agus Sudrajat, MSi. jajaran Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan LAN.

Skip to content