Menu Close

LAN Dorong Peserta PKN II Puslatbang PKASN untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi dan Investasi

Sumedang – Transformasi digitalisasi pemerintahan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di Indonesia. Dengan penerapan teknologi informasi dan komunikasi, proses perizinan dan regulasi usaha menjadi lebih cepat, transparan, akuntabel, dan efisien, sehingga menciptakan iklim investasi yang menarik. Kepemimpinan dalam era ini diharapkan meningkatkan efisiensi, transparansi, dan akuntabilitas pelayanan publik, terutama bagi sektor UMKM dan ekonomi kreatif, yang akan mendukung pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi, Dr. Basseng, M.Ed. dalam Ceramah Isu Strategis Visitasi Kepemimpinan Nasional pada Pelatihan Kepemimpinan (PKN) Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 Puslatbang PKASN LAN. Ceramah di Gedung Serba Guna Puslatbang PKASN, Jumat (21/6).

Basseng menggarisbawahi bahwa Visitasi Kepemimpinan Nasional bertujuan untuk mengidentifikasi keunggulan kompetitif (competitive advantages) terhadap organisasi yang menjadi lokus. Sehingga visitasi akan memberikan rekomendasi peningkatan keunggulan kompetitif (competitive advantages). “Output dari PKN Tingkat II diharapkan mampu berkontribusi dalam perwujudan pembangunan 5 tahun ke depan. Sehingga setiap peserta mempunyai tanggung jawab dalam menetapkan rekomendasi yang berkualitas”, ujar Basseng.

PKN Tingkat II Angkatan VIII Tahun 2024 Puslatbang PKASN LAN mengusung Tema Transformasi Pemerintahan Digital dalam Pemberdayaan UMKM/Ekonomi Kreatif untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Berkelanjutan. Tema besar tersebut selanjutnya diterjemahkan melalui 4 (empat) sub tema. Pertama, Digitalisasi administrasi pemerintahan dalam peningkatan kualitas proses perizinan usaha. Kedua, Digitalisasi transparansi dan akuntabilitas pemerintah dalam pemberdayaan UMKM dan ekonomi kreatif. Ketiga, Peningkatan kualitas literasi digital SDM pelaku ekonomi kreatif dan UMKM. Keempat, Peran Public Sector Digital Marketing dalam meningkatkan potensi investasi daerah.

Moderator diskusi, Widyaiswara Ahli Utama Puslatbang PKASN, Dr. Ir. Retno Setijowati, M.S.,juga berperan dalam memfasilitasi pertukaran ide dan gagasan selama kegiatan ini. Diharapkan, diskusi tersebut mampu memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang Visitasi Kepemimpinan Nasional. (Humas)

Skip to content