Menu Close

PKN Tingkat II Angkatan XI Usung Tema Digitalisasi Tranformasi Tata Kelola Pemerintahan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat

Medan – Pelatihan kepemimpinan tingkat II ini merupakan salah satu upaya pemerintah menyiapkan pemimpin perubahan yang adaptif, memiliki kompetensi kepemimpinan strategis, dan mampu membawa perubahan yang positif yang berdampak untuk masyarakat. Di era digital ini, tranformasi digitalisasi pemerintah menjadi suatu keniscayaan, transformasi ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas dan efesiensi pelayanan publik, meningkatkan daya saing bangsa, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN Dr. Agus Sudrajat, M. Si menyampaikan amanat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LAN pada Pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Angkatan XI BPSDM Sumatera Utara, di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur Sumatera Utara, Rabu (15/5).

Lebih lanjut Agus mengatakan bahwa salah satu sektor yang dapat diberdayakan melalui tranformasi digitalisasi pemerintahan adalah sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)/Ekonomi Kreatif. UMKM/Ekonomi Kreatif memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, namun masih banyak UMKM/Ekonomi Kreatif menghadapi kendala seperti keterbatasan akses permodalan, pasar, dan teknologi. Diharapkan dengan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II ini yaitu mengusung tema “Digitalisasi Tranformasi Tata Kelola Pemerintahan Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” Dapat memberdayakan UMKM/Ekonomi Kreatif untuk menciptakan lapangan kerja baru, meningkatkan pendapatan masyarakat dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi berkelanjutan, sehingga diharapkan dapat mempercepat upaya pengentasan kemiskinan.

Sementara itu dalam sambutannya Pj. Gubernur Sumutaera Utara Dr. Hasanuddin mengharapkan agar Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II ini dapat membekali peserta dengan kompetensi, baik wawasan, pola pikir, sikap, keahlian, upaya penyelesaian masalah, serta adanya gagasan inovasi sehingga dapat diimplementasikan di tempat kerja masing-masing sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja instansi.

Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II ini berjumlah 57 orang terdiri dari para JPT Pratama dari wilayah Sumatera Utara, Dumai dan Jambi. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Puslatbang KHAN Said Fadhil, S. IP ,MM, Ketua Penjamin Mutu Pelatihan Ir. Faizal Adriansyah., M.Si., Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, dan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

 

Skip to content