Menu Close

DWP LAN RI Goes To Jogja, Menggali Inspirasi Kartini dari Kota Yogyakarta

JOGJAKARTA – Dharma Wanita Persatuan (DWP) LAN RI kembali menyelenggarakan kegiatan Peringatan Hari Kartini yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya, dan secara bergiliran setiap satker di LAN akan menjadi tuan rumah dan mengelola pelaksanaan kegiatan tersebut. Di tahun 2024 ini, DWP Puslatbang KDOD mendapat giliran menjadi tuan rumah atau panitia penyelenggara kegiatan dengan mengambil lokasi di Kota Yogyakarta sejak tanggal 9 hingga 11 Mei 2024. Mengangkat tema “Mental Health, Pondasi Keluarga Bahagia”, kegiatan di hari pertama diisi dengan paparan kegiatan DWP LAN RI masing-masing daerah selama periode tahun 2023-2024. Melalui pemaparan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi setiap DWP dalam pelaksanaan program dan kegiatannya agar dapat lebih bervariatif dan bermanfaat.
.
Usai pemaparan, kegiatan dilanjutkan dengan seminar yang menghadirkan narasumber seorang Psikolog Keluarga dan Pendidikan sekaligus pengelola dari Komunitas Seri Mini Sharing Psikologi (SMSP) Yogyakarta, Silvie Trisdaryanti. Dengan seminar ini peserta bersama-sama mengeksplorasi dan memahami betapa pentingnya kesehatan mental dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam konteks keluarga. Dalam paparannya Silvie menyampaikan indikator keluarga Bahagia meliputi komunikasi yang terbuka dan efektif, pengelolaan konflik dengan baik, terlibat aktif oleh seluruh anggota keluarga, dan yang terakhir adalah penghargaan dan dukungan terhadap individu dalam keluarga.
Selanjutnya kegiatan di hari pertama ini ditutup dengan persembahan seni dari DWP masing-masing daerah. Beragam seni ditampilkan, mulai dari pembacaan puisi, menari, menyanyi, hingga medley. Dari penampilan seluruh peserta, tersirat kreativitas yang dimiliki dan dikemas dengan baik dalam kreasi seni yang ditampilkan dengan penuh semangat, meskipun sebagian peserta tidak lagi tergolong usia muda.
.
Berikutnya di hari kedua dan ketiga diisi dengan kegiatan kunjungan ke berbagai obyek wisata di Yogyakarta, seperti Jungwok Blue Ocean, Pantai Drini, Heha Sky View, Rumah Produksi Bakpia Pathok 25, Omah Oblong, dan Toko Tas Dowa. Melalui berbagai kunjungan wisata ini, peserta kembali mendapat berbagai sumber inspirasi dari industri ekonomi kreatif yang sangat berkembang dan terkenal dari Kota Yogyakarta dan memiliki potensi untuk diadaptasi dan dikembangkan di masing-masing daerah.
.
Melalui kegiatan rutin tahunan ini, diharapkan para anggota DWP LAN RI yang merupakan istri dari ASN LAN RI dapat bersama-sama menyatukan langkah dan gerak dalam mendukung kinerja suami demi kemajuan organisasi serta mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki agar dapat memberikan manfaat yang lebih luas kepada masyarakat. (lm/lm)
Skip to content