Menu Close

Bangun Silaturahmi dan Komunikasi Efektif Alumni dan Civitas Akademika, Politeknik STIA LAN Jakarta Selenggarakan Halal Bihalal

Jakarta – Civitas akademika Politeknik STIA LAN Jakarta bersama Ikatan Alumni menyelenggarakan kegiatan Halal bihalal dengan mengangkat tema “Refleksi Kesucian Idulfitri Dalam Jalinan Silaturahmi Yang Bersinergi” di Ruang Serba guna, Politeknik STIA LAN Jakarta, Jumat (3/5). 

Dalam kesempatan itu, Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Muhammad Taufiq, DEA menyampaikan sejarah perjalanan Politeknik STIA LAN yang didirikan pada tahun 1960 dengan nama Perguruan Tinggi Kedinasan Ilmu Administrasi Negara (PT DIAN) yang kemudian berubah nama menjadi Akademi Ilmu Administrasi (AIA), dan saat ini menjadi politeknik STIA LAN Jakarta. Sepanjang perjalanan tersebut, telah banyak prestasi dan pencapaian yang di torehkan, tentu saja hal ini tidak terlepas dari  perjuangan bersama baik civitas akademik maupun para alumni yang saling bersinergi sampai saat ini telah menjadi perguruan tinggi di bidang administrasi yang banyak diminati.

“Sinergi ini harus senantiasa di bangun dan pertahankan dari masa ke masa guna menjaga kelangsungan perguruan tinggi ini terutama dalam menjawab tantangan-tantangan di masa yang akan datang yang semakin kompleks. Sebagai ujung tombak penyelenggaraan pendidikan terapan, Poltek STIA LAN Jakarta harus senantiasa belajar menjadi organisasi pendidikan tinggi yang mengedepankan integritas dan kebermanfaatan terhadap kemajuan bangsa dan negara”, ungkapnya.

Sementara itu, Direktur Poltek STIA LAN Jakarta, Prof. Nurliah Nurdin, menyampaikan, sejak tahun 2020 poltek telah bertransformasi membuka pendaftaran mahasiswa melalui jalur umum, tentunya tantangan kami semakin besar sebagai perguruan tinggi terapan di bidang administrasi bagaimana lulusan ini dapat diserap di dunia kerja. Tahun ini tepatnya, kami akan meluluskan sarjana pertama yang diterima melalui jalur umum, dan salah satu unsur penilaian keberhasilan perguruan tinggi adalah 70 persen dari jumlah lulusan yang diserap oleh lapangan kerja. “Oleh karena itu kolaborasi antara kampus dan para alumni diperlukan untuk memberikan kesempatan bagi para lulusan-lulusan  poltek bekerja” ungkapnya.

Nurliah mendorong para alumni untuk terus menjalin komunikasi efektif dengan kampus, kami telah menyiapkan ruang khusus alumni untuk dapat digunakan sebagai sarana membangun silaturahmi sebagai keluarga besar politeknik STIA LAN Jakarta. “Kami yakin sinergi dan kolaborasi yang kuat baik para alumni maupun perguruan tinggi menjadi bekal untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks di masa yang akan datang”, tutupnya.

Ketua Ikatan Alumni Politeknik STIA LAN Jakarta, Dr. Agun Gunanjar, Bc.IP., M.Si dalam kesempatan itu menyampaikan, setiap alumni merupakan bagian dari Politeknik STIA LAN, oleh karenanya seluruh alumni harus turut serta berkontribusi positif bagi kemajuan kampus. Terkait dengan jumlah lulusan yang harus diserap oleh lapangan pekerjaan, ia menambahkan, akan mencoba untuk memberikan kesempatan bekerja menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan teknologi dan digital, jadi bekerja tidak lagi secara konvensional yang harus datang ke kantor, seluruhnya sudah mobile dan dapat dikerjakan dimanapun dan kapanpun.

“Maka sebagai alumni, kami juga mendorong kampus untuk memasukkan materi-materi pembelajaran digital agar mampu mencetak talenta-talenta unggul yang dapat beradaptasi dengan perkembangan digital saat ini,” tutupnya.

Dalam kesempatan ini juga dilakukan penyerahan santunan tali kasih dari ikatan alumni Politeknik STIA LAN Jakarta kepada masyarakat yang bermukim di sekitar kampus.

 

Skip to content