Menu Close

LAN Dorong Widyaiswara Manfaatkan AI untuk Tingkatkan Kualitas Pembelajaran ASN

Jakarta – Pemerintah terus berkomitmen mengupayakan pemanfaatan teknologi informasi dan Artificial Intelligence (AI) di berbagai sektor pemerintahan termasuk dalam pengembangan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN). Melalui Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), pemerintah telah memiliki arsitektur besar dalam melakukan pemanfaatan teknologi informasi melalui digitalisasi pelayanan publik, penataan administrasi pemerintahan serta manajemen ASN. Berkaitan dengan hal tersebut Lembaga Administrasi Negara (LAN) sebagai leading sector dalam pengembangan kompetensi aparatur mendorong seluruh Widyaiswara untuk cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi terutama pemanfaatan AI dalam proses pembelajaran. Hal ini diungkapkan, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA saat memberikan sambutan pada Community of Practices (CoP) seri ke 18 dengan tema “Pemanfaatan AI Dalam Menunjang Pembelajaran”, yang diselenggarakan secara daring, Rabu (20/3).

Lebih jauh Taufiq menjelaskan, berdasarkan data laporan Writer Buddy, Indonesia menjadi salah satu negara penyumbang kunjungan ke aplikasi berbasis AI terbanyak tahun 2023 setelah Amerika Serikat dan India. Data tersebut telah menjelaskan bahwa animo masyarakat indonesia terhadap penggunaan AI dalam menunjang aktivitasnya sangat besar, ini menjadi tantangan bagi widyaiswara untuk mengembangkan kapasitasnya dalam memberikan pembelajaran-pembelajaran yang berbasis AI.

“Maka melalui CoP seri-18 ini, saya mendorong seluruh WI untuk meng-update ilmu pengetahuan digitalnya yang dapat menghantarkan para WI untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih inovatif  berbasis pemanfaatan AI”, tegasnya.

Taufiq juga mendorong seluruh WI untuk tergabung dalam pembelajaran kolaboratif melalui learning cell dan cluster peminatan yang sama, hal ini akan memudahkan sharing knowledge di kalangan WI sehingga dapat bersama-sama memperkuat kapasitas diri dalam menjawab tantangan pengembangan kompetensi berbasis digital atau digital bangkom.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPP-APWI), Ir. Sugiharjo, M.Si menyampaikan apresiasi kepada LAN  yang telah menyelenggarakan kegiatan sharing pengetahuan bagi seluruh WI melalui kegiatan CoP ini. Ia berharap CoP ini dapat menjadi wadah berbagi pengetahuan, pengalaman, ide serta gagasan dalam menyusun pembelajaran yang berdampak nyata bagi peserta didik.

Hadir sebagai narasumber Widyaiswara Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Indra Riswadinata, MH yang menjelaskan bagaimana menyajikan pembelajaran dengan memanfaatkan berbagai aplikasi berbasis AI yang akan memudahkan widyaiswara dalam memperkaya pembelajaran yang menarik, efektif dan efisien.

Skip to content