Menu Close

ASN di Lingkungan LAN Harus Berkontribusi Maksimal bagi Organisasi

Jakarta – Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Pejabat Fungsional merupakan  momentum penting dalam sebuah organisasi pemerintah, ini merupakan sebuah proses kaderisasi organisasi dalam rangka mendapatkan sumber daya aparatur yang profesional dan adaptif dalam menghadapi tantangan organisasi yang kian kompleks. Hal ini diungkapkan Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Dr. Muhammad Taufiq, DEA saat memberikan sambutan dalam upacara Pengambilan Sumpah Pegawai Negeri Sipil (PNS) serta Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Fungsional, yang dilaksanakan secara blended di Aula Prof. Agus Dwiyanto, MPA, Kantor LAN, Jalan Veteran Nomor 10 Jakarta Pusat, Selasa (27/2).

Untuk 37 pegawai yang baru diambil sumpahnya, Taufiq menyampaikan, pengambilan sumpah PNS ini merupakan pelaksanaan dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara sebagai langkah awal untuk mengawali karir sebagai PNS. Sumpah ini merupakan kontrak anda sebagai pelayan negara dimana kita diberikan amanah untuk melayani lebih dari 270 juta penduduk indonesia. 

“Oleh karena itu untuk menjalankan amanah besar tersebut dibutuhkan pelayan-pelayan negara yang profesional, tangguh, adaptif dan agile terhadap lingkungan strategis yang terus berubah dengan cepat.” tandasnya. Muhammad Taufiq menjelaskan, untuk menjadi ASN profesional terdapat 3 hal yang perlu dilakukan diantaranya, pertama, memiliki kompetensi dan senantiasa mengembangkan keahlian oleh karena ASN harus terus belajar mengembangkan kemampuannya. Kemudian kedua, merubah mindset dan pola kerja yang extraordinary, bekerja bukan menjadi business as usual, melainkan berupaya mencari ide baru yang inovatif dalam penyelesaian kinerja.

“Terakhir, ungkapnya, ASN profesional perlu meningkatkan kapasitas, akuntabilitas dan profesionalitas, serta berkontribusi maksimal bagi organisasi dan menjunjung tinggi etika jabatan dimana pun bidang tugasnya.” jelasnya.

Sementara itu untuk 21 pejabat fungsional yang dilantik, Plt. Kepala LAN berharap untuk terus berkiprah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik sesuai bidang tugasnya. Semoga semua dapat terus berkerja dan berbakti bagi negeri untuk mewujudkan ASN profesional dan berkelas dunia.

Bertindak sebagai saksi dalam penandatanganan berita acara pelantikan, Sekretaris Utama, Dra. Reni Suzana, MPPM, dan Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, Dr. Agus Sudrajat, MA. hadir pula dalam acara tersebut, Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo, WU., MA, Deputi BIdang Penyelenggaraan Kompetensi, Dr. Basseng MED dan jajaran pimpinan tinggi pratama di lingkungan LAN.

 

Skip to content