Menu Close

Plh Sementara Kepala LAN Tegaskan Pentingnya SDM sebagai Aset Penting Organisasi

Jakarta – Sumber Daya Manusia (SDM) memiliki peranan penting dalam sebuah organisasi agar dapat berjalan dengan baik. SDM menjadi aset penting bagi organisasi bahkan melebihi anggaran dan teknologi, karena mampu menentukan arah organisasi kedepannya. Lembaga Administrasi Negara (LAN) memandang penting SDM sebagai aset organisasi oleh karenanya setiap pegawai LAN didorong untuk senantiasa mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan. Hal ini diungkapkan Pelaksana Harian (Plh.) Sementara Kepala LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA saat menyampaikan amanat dalam Apel Pagi pegawai LAN yang dilaksanakan secara blended di Aula Prof. Agus Dwiyanto, Kantor LAN, Jalan Veteran Nomor 10, Senin (5/2).

“Pengembangan kompetensi bagi pegawai telah menjadi amanat Undang-undang nomor 20 tahun 2023 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) yang mewajibkan setiap ASN untuk mengembangkan kompetensinya secara berkelanjutan dengan pembelajaran yang sifatnya kolaboratif dan memanfaatkan teknologi digital”, tambahnya.

Ia menambahkan, berdasarkan survei core value ASN berakhlak, nilai adaptif mendapatkan penilaian paling buruk hal ini terkait dengan ketidaksiapan ASN dengan berbagai perubahan, maka hal ini perlu kita sikapi bersama untuk selalu berpikir positif terhadap segala perubahan dan mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, termasuk transformasi digital yang terus berkembang pesat saat ini.

“Hal tersebut sejalan dengan tantangan mendatang yang dihadapkan pada perkembangan teknologi yang kian masif, pegawai LAN harus mampu melakukan transformasi digital, pemanfaatan big data dalam berbagai pengambilan keputusan, artificial intelligence serta merubah program-program yang bersifat konvensional untuk beralih menjadi digital, termasuk dalam Pendidikan dan pelatihan bagi ASN” tambahnya.

Sebagai aset organisasi, Taufiq mendorong seluruh pegawai LAN untuk meningkatkan kepedulian dan kecintaan terhadap pekerjaan dan organisasi, kedua hal tersebut menjadi modal kita bersama sebagai organisasi untuk berkinerja dan memberikan yang terbaik bagi LAN. Maka saya dorong pada tahun ini setiap ASN LAN untuk menciptakan prestasi-prestasi yang lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk mampu menciptakan prestasi tentu saja dibutuhkan pegawai yang selalu kerja keras dan memiliki kesadaran untuk selalu belajar hal-hal baru, selain itu juga, pegawai dituntut untuk  terus melakukan terobosan dan kreatifitas serta inovasi baru terutama dibidang core business LAN yaitu pengembangan kompetensi pegawai.” lanjutnya.

Ke depannya ia berharap LAN mampu menjadi instansi yang unggul dan handal dalam upaya menciptakan pemimpin masa depan yang mampu membawa bangsa Indonesia lebih maju. Apel pagi ini diikuti oleh seluruh pegawai LAN baik di Jakarta maupun di satuan kerja LAN di daerah. (humas)

Skip to content