Menu Close

LAN dan Tanoto Foundation Kembali Berkolaborasi Untuk Pengembangan Kapasitas ASN

Jakarta – Genap 4 tahun Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerjasama dengan Tanoto Foundation, sejak tahun 2020 telah dilaksanakan berbagai kegiatan kolaborasi dalam rangka membangun aparatur sipil negara (ASN) yang unggul dan manfaatnya pun telah dirasakan oleh masyarakat luas, di tahun 2024 ini LAN dan Tanoto Foundation kembali bekerjasama dalam rangka mengembangkan kapasitas aparatur di tanah air, steering committee menjadi sebuah komitmen kedua belah pihak dalam upaya melakukan komunikasi dan koordinasi program-program yang akan dilaksanakan. Hal tersebut diungkapkan Pelaksana Harian (Plh.) Sementara Kepala LAN, Dr. Muhammad Taufiq, DEA saat memberikan sambutan dalam kegiatan Steering Committee LAN dan Tanoto Foundation yang diselenggarakan di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor LAN Veteran, Jakarta (8/1).

“Di tahun  2024 ini tentu saja akan banyak disrupsi terjadi karena ditahun ini pula terdapat pemilihan umum dan pergantian presiden, perubahan Rencana Pemerintah Jangka Panjang Nasional (RPJPN), Perubahan atas Rencana Pemerintah Jangka Menengah Nasional (RPJMN), perubahan Undang-Undang ASN, serta perubahan Roadmap reformasi birokrasi Nasional”  ungkapnya.

Taufiq menambahkan, oleh karena itu, diperlukan inovasi  program-program kegiatan yang menitik beratkan pada pengembangan kompetensi ASN yang memiliki dampak konkret terhadap masyarakat. Ada beberapa program yang menjadi usulan LAN antara lain penyusunan Road Map Reformasi Birokrasi 2025-2029, penyusunan dokumen induk transformasi administrasi negara, pengembangan kapasitas SDM kajian dan inovasi, institution branding serta pengembangan kompetensi di bidang digital dan data science.

Terkait usulan tersebut, Lead of Civil Service Development Tanoto Foundation, Yunety Tarigan, menyampaikan, pihak Tanoto juga telah melakukan asesmen terhadap program-program yang telah dilaksanakan sepanjang tahun 2020-2023, kegiatan ini bertujuan untuk melihat dampak keefektifan dan kontribusi bagi para penerima manfaat dan berdasarkan hasil tersebut maka dapat merumuskan rekomendasi program-program yang akan dilakukan di tahun 2024 mendatang.

Ia menambahkan, hasil asesmen menunjukkan bahwa terdapat peningkatan penerima manfaat program kerjasama LAN dan Tanoto Foundation sejak tahun 2020-2023, selain itu juga knowledge product juga mengalami peningkatan signifikan dan sampai saat ini telah berkontribusi dalam memproduksi product knowledge diantaranya, program ASN unggul, gamifikasi, buku-buku, video pembelajaran bagi JFAK, sistem informasi IKK, Akui Award dan website hasil hackathon.

“Dan sejauh ini seluruh program yang dilaksanakan sudah sejalan dengan outcome yang diharapkan, namun masih diperlukan instrumen pengukuran dampak program secara meluas bagi masyarakat”, ujarnya

Beberapa program akan disepakati pada pertemuan selanjutnya, dan diharapkan kerjasama ini akan terus berlangsung guna memberi kontribusi dalam membangun ASN Unggul dan Indonesia Maju 2045 mendatang.

Kegiatan Steering Committee ini juga dihadiri oleh Sekretaris Utama, Dra. Reni Suzana, MPPM., Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Dr. Tri Widodo WU, MA., Deputi Bidang Kajian dan Inovasi Manajemen ASN, Dr. Agus Sudrajat, MA., Deputi bidang Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi Dr. Basseng, M.Ed., Head of Policy and Advocacy Tanoto Foundation, Eddy Henry. (humas)

 

Skip to content