Menu Close

Buktikan NIHIL Penyuapan, LAN Terima Sertifikasi ISO 37001:2016 SMAP 

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) memperoleh Sertfikasi ISO 37001:2016 tentang sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP), setelah dilakukan audit oleh PT. Global Inspeksi Sertifikasi bekerjasama dengan PT Kokek, di Ruang Rapat Pimpinan, Kantor LAN Veteran, Rabu (13/12). ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) merupakan standar yang merinci persyaratan dan menyediakan panduan untuk membantu Perusahaan dalam mencegah, mendeteksi, dan menangani penyuapan baik di  sektor pemerintah maupun sektor swasta.

Dalam sambutannya saat menerima sertfikasi, Sekretaris Utama LAN, Reni Suzana menyampaikan upaya Pemerintah untuk memberantas tindak pidana Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN) tidak pernah surut, upaya pencegahan juga terus dilakukan dengan membangun sistem pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan dan akuntabel. Untuk itu salah satu upaya preventif yang dilakukan oleh LAN adalah berkomitmen untuk menerapkan SNI ISO 37001:2016 tentang SMAP yang dikhususkan pada layanan penyelenggaraan pelatihan dan layanan pembinaan jabatan fungsional di lingkungan LAN.

“Melalui penyerahan Sertifikat SMAP ini telah menunjukkan komitmen dan praktek nyata bahwasanya LAN menjamin setiap penyelenggaraan pelayanan yang dilakukannya telah bebas dari penyuapan atau anti suap”. lanjutnya

Lebih jauh, Reni menjelaskan, anti penyuapan ini juga ditekankan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) tahun 2023 dimana salah satu elemen esensial yang diperjuangkan dalam upaya pencegahan tindak pidana korupsi adalah anti penyuapan. Namun perolehan sertifikasi ini merupakan langkah awal yang nantinya akan teruji di lapangan, apakah perolehan sertifikasi ini dapat membuktikan tidak adanya penyuapan diseluruh proses bisnis yang dilakukan LAN mulai dari jajaran pimpinan sampai kepada level lini dibawahnya.

“Maka, lanjutnya, praktik-praktik anti suap ini harus senantiasa dilakukan secara berkesinambungan dan akan kita lanjutkan pada unit-unit lain yang juga melaksanakan pelayanan publik, harapannya seluruh unit di LAN akan bebas dari Suap”

Adapun Unit-unit yang mendapatkan Sertifikat SMAP antara lain, Pusat Pembinaan Jabatan Fungsional Bidang Pengembangan kompetensi ASN, Pusat Pembinaan Analis Kebijakan, Pusat Pengembangan Kader ASN, Pusat Pengembangan kompetensi Kepemimpinan Nasional dan Manajerial ASN, dan Pusat Pengembangan kompetensi Teknis dan Sosial Kultural ASN.

Sementara itu, Direktur PT. Global Inspeksi Sertifikasi, Vera Marini memberikan Apresiasi kepada LAN yang telah menunjukkan komitmen serta kerja keras dalam memperoleh sertifikasi ISO 37001:2016 tentang SMAP, ini juga merupakan pengakuan secara internasional untuk membuktikan LAN bebas suap.

Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama dan pemotongan tumpeng yang dilakukan oleh Sekretaris Utama bersama jajaran Pimpinan tinggi Pratama di lingkungan LAN.

 

Skip to content