Menu Close

Tingkatkan Awareness Penggunaan Produk Dalam Negeri melalui Sosialisasi P3DN

Jakarta – Banyaknya produk luar negeri yang masuk ke Indonesia tentu saja menimbulkan keprihatinan pemerintah terutama di tengah gempuran produk impor yang sangat masif, oleh karena pemerintah terus mendorong produk-produk lokal untuk mampu bersaing dengan produk Dari luar. salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam rangka mendorong masyarakat agar lebih memilih untuk menggunakan produk dalam negeri dibanding dengan produk impor. Hal ini diungkapkan Sekretaris Utama Lembaga Admiistrasi Negara (LAN), Dra. Reni Suzana, MPPM saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) di lingkungan Lembaga Administrasi Negara di Auditorium Makarti Bhakti Nagari, Kantor LAN Jalan Veteran Nomor 10 Jakarta Pusat, Selasa (28/11).

Lebih jauh Reni menjelaskan, optimalisasi program P3DN yang dicanangkan pemerintah diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi produk lokal dan menjamin kemandirian serta stabilitas perekonomian nasional. komitmen ini telah tertuang dalam Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Usaha Kecil dan Koperasi dalam rangka menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

“Melalui kegiatan ini, kita perlu memastikan setiap pegawai di LAN memiliki kesadaran dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri terutama dalam proses pengadaan barang dan jasa pemerintah. saat ini penggunaan produk lokal dalam proses pengadaan barjas telah dilakukan melalui e-katalog, hal ini tentu mempermudah untuk melakukan pencarian produk-produk lokal”, tambahnya.

Reni menjelaskan,kita ketahui bahwa belanja APBN di Kementerian dan lembaga cukup besar, maka penggunaan APBN ini dapat menjadi tools agar industri dalam negeri dari berbagai sektor bisa ikut berkembang, oleh karena itu perlu ditekankan pandangan yang sama bahwa kepentingan kita adalah mendorong industri nasional melalui penggunaan produk dalam negeri.

Sementara itu, Kepala Biro SDM dan Umum, M.Yusuf Idris, SE, ME menyampaikan tujuan kegiatan ini diantaranya guna mendukung dan melaksanakan RB tematik dalam rangka peningkatan penggunaan produk dalam negeri, membangun awareness akan pentingnya implementasi P3DN serta memberikan pemahaman terkait tujuan dan konsep P3DN. (humas)

 

Skip to content