Menu Close

Kunjungan Tim Inspeksi Alat Proteksi Kebakaran Gedung Bertingkat

SAMARINDA–Puslatbang KDOD menerima kunjungan Tim Inspeksi Alat Proteksi Kebakaran Gedung Bertingkat Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Pemerintah Kota Samarinda, Selasa (14/11). Tim berjumlah 7 (tujuh) orang yang diketuai oleh Zakky Anshari, adapun kegiatan ini merupakan agenda rutin setiap tahun dengan tujuan melakukan pemeriksaan dan pengujian sarana proteksi kebakaran dan sarana penyelamatan jiwa.
Kegiatan rutin ini juga dilakukan untuk memastikan bahwa dari aspek Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) menjadi perhatian penting Puslatbang KDOD, sebagaimana diketahui bahwa sarana proteksi kebakaran merupakan peralatan wajib yang harus dilengkapi oleh setiap kantor pemerintahan dalam mencegah terjadinya kebakaran yang dapat mengancam keselamatan pegawai, pemangku kepentingan dan aset negara.
Adapun manfaat dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat kesiapan dan kegunaan peralatan proteksi kebakaran gedung bertingkat yang dimiliki oleh Pulatbang KDOD LAN, pemeriksaan yang dilakukan meliputi Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alarm Detector, Heat Detector, Hidran Box/Hidran Gedung, Hidran Pilar, Ciamise Conection, Reservoir/Tampungan Air, Pompa Jockey, Pompa Diesel, Lampu Penerangan Darurat, Petunjuk Arah Jalan Keluar, Tangga Terbuka dan Titik Kumpul/Tempat Berkumpul.
Diakhir kegiatan Tim melakukan evalusi bersama dengan rekomendasi untuk memperhatikan saran teknis dan menindaklanjuti hasil pemeriksaan terhadap sarana proteksi kebakaran, maupun sarana keselamatan jiwa. (s)
Skip to content