Menu Close

Jauhkan Bahaya Narkotika di kalangan Pegawai, LAN selenggarakan Sosialisasi P4GN

Jakarta – Lembaga Administrasi Negara (LAN) bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika (P4GN) yang diikuti oleh seluruh pegawai di lingkungan LAN secara blended di Auditorium Makarti Bhakti Nagari Lantai 8 LAN Veteran, Rabu (4/10).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Biro Hukum dan Hubungan Masyarakat LAN, Tri Atmojo Sejati, ST., SH., M.Si dalam sambutannya menyampaikan, sosialisasi P4GN ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh pegawai LAN akan bahaya narkotika baik bagi pengguna maupun pengedar akan dikenakan sanksi yang berat. Setiap pegawai juga diharapkan dapat berperan serta dalam pencegahan penyalahgunaan narkotika terutama di lingkungan kerja.

“Lingkungan pemerintahan harus bebas dari narkoba, maka kegiatan sosialisasi ini menjadi sangat penting sekaligus merupakan amanat dari Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 untuk melaksanakan Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkoba dan melaporkannya kepada Presiden” ujarnya.

Sementara itu, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Muda, BNN, Mediono menyampaikan bahwa dalam mewujudkan birokrasi yang bersinar atau bersih narkotika, BNN melakukan strategi dalam pencegahan narkotika yakni soft power approach, hard power approach, smart power approach, dan Sosialisasi ini termasuk dalam soft power approach yang dilakukan kepada instansi pemerintah

“Indonesia memasuki kondisi darurat narkotika, hal ini disebabkan oleh letak geografis yang terbuka sehingga peredaran narkoba lintas negara pasti melalui wilayah kita, dampaknya Indonesia menjadi salah satu pasar potensial peredaran gelap narkoba dengan modus operandi yang terus berkembang” ujarnya.

Ia juga menambahkan, Narkoba menjadi mesin pembunuh massal yang merusak manusia terutama fungsi kerja otak, fisik dan emosi, maka kami mendorong seluruh unsur masyarakat untuk dapat melaporkan kepada pihak berwenang jika mengetahui adanya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, termasuk jika hal ini terjadi di lingkungan kita bekerja.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan tes urine kepada pegawai yang hadir secara luring, dan hasilnya 100 persen pegawai bebas narkotika. Selain kegiatan sosialisasi P4GN juga dilakukan sosialisasi dan pemeriksaan kesehatan kulit wajah yang dilakukan oleh PT. Kimia Farma.

Skip to content