Menu Close

Buka Mini Expo Proyek Perubahan Peserta PKN II Angkatan XXII, Kapuslatbang KDOD LAN Tekankan Konsep 6D

SAMARINDA – Mini Expo Proyek Perubahan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XXII Tahun 2023 resmi dibuka oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN Dr. Muhammad Aswad, M.Si, di Halaman Kantor Puslatbang KDOD LAN, Selasa (3/10). Dalam sambutannya, Aswad menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan tahap akhir yang harus dilalui oleh seluruh peserta. Menurut Aswad, dalam proses inovasi, ada 6 tahapan penting yang menjadi faktor keberhasilannya, yaitu Drum Up, Diagnose, Design, Deliver, Display, dan Documentation.

“Saat ini, seluruh peserta telah memasuki tahap Display, dimana festival inovasi telah digelar, untuk memamerkan ke khalayak luas bahwa di sini dan di waktu ini 60 inovasi telah lahir dari 60 orang pemimpin perubahan yang luar biasa” ujar Aswad, yang disambut dengan tepuk tangan yang meriah oleh seluruh peserta dan tamu undangan yang hadir.

Seluruh tahapan dalam konsep ini disampaikan oleh Aswad sama-sama pentingnya. Pertama tahap Drum-Up, yaitu proses pemaknaan dan penyadaran terhadap pentingnya berinovasi sampai dengan timbul hasrat dalam diri untuk yakin dan bersemangat untuk berinovasi. Kedua, tahap Diagnose yakni mencoba untuk mendiagnosis permasalahan-permasalahan yang ada untuk menangkap peluang dalam berinovasi. Ketiga, tahap Design yaitu mencoba untuk mendesain rencana inovasi secara matang sehingga siap untuk diluncurkan. Keempat, tahap Deliver yaitu mengimplementasikan inovasi tersebut ke masyarakat luas, yang juga disertai dengan proses pemantauan dan evaluasi agar dapat menilai dampaknya. Kelima, tahap Display yang merupakan gong dari proses berinovasi ini, yang memamerkan inovasi-inovasi tersebut dalam sebuah festival inovasi. Terakhir, tahap Docummentation yang merupakan tahapan untuk mendokumentasikan seluruh proses inovasi yang telah dilakukan.

Selanjutnya, Aswad menambahkan bahwa pelaksanaan mini expo proyek perubahan peserta PKN Tingkat Angkatan XII Tahun 2023 ini merupakan sebuah bentuk kolaborasi yang baik antar peserta dan juga antara peserta dengan penyelenggara. “Untuk itu saya berharap agar ke depannya, walaupun telah lulus dalam pelatihan ini, kelas ini tetap solid dan saling bersinergi dengan baik, bukan hanya antar peserta tetapi tentunya juga dengan kami, Puslatbang KDOD LAN” tutur Aswad.

Sementara itu, Widyaiswara Ahli Madya Puslatbang KDOD Dr. Rahmat, MA dalam laporannya mengatakan bahwa Mini Expo ini merupakan Evaluasi Implementasi Proyek Perubahan yang memfasilitasi peserta untuk menunjukkan penguasaan implementasi perubaham atau inovasi yang telah dilaksanakan, untuk dinilai oleh tim evaluator. “Tiga aspek yang dititikberatkan dalam penilaiannya adalah capaian tahapan rencana strategis, implementasi strategi marketing, dan pemberdayaan organisasi pembelajaran” jelas Rahmat. “Tentu saja kami juga berharap agar seluruh inovasi yang dilahirkan oleh para peserta, dapat bermanfaat bagi masyarakat luas, yang tentu juga akan bermanfaat bagi akselerasi pembangunan negara Indonesia” lanjut Rahmat lagi.

Setelah prosesi pemotongan pita yang menandakan dibukanya secara resmi Mini Expo Proyek Perubahan Peserta PKN Tingkat II Angkatan XII Tahun 2023 ini, kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan Booth dari 60 orang peserta oleh Kepala Puslatbang KDOD LAN beserta Coach, Mentor, dan juga Narasumber. Selanjutnya, para peserta memasuki ruang Seminar masing-masing untuk mempresentasikan Proyek Perubahannya di hadapan para Coach, Mentor, dan juga Narasumber. Kegiatan Mini Expo Proyek Perubahan ini akan dilaksanakan selama tiga hari ke depan atau akan berakhir pada tanggal 5 Oktober 2023. (ler/ler)

Skip to content